Mau Pasang Set-Top Box TV Digital? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Kekurangan dan Kelebihan menggunakan stb
JEMBER, beritadi.com – Pemerintah Indonesia secara formal alihkan segala siaran Televisi analog ke siaran Televisi digital secara bertahap semenjak 2 November 2022 lalu. Perihal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Nomor. 11/ 2021 tentang pergantian atas Peraturan Menteri Komunikasi serta Informatika Nomor. 6/ 2021 menimpa Penyelenggaraan Penyiaran.

Baca juga: Trans TV & Trans7 Jadi Saluran Berbayar di K-Vision dan Nex Parabola

Televisi digital sendiri merupakan tipe TV dengan pemakaian modulasi digital serta sistem kompresi alat tambahan Set-Top Box (stb) yang berfungsi melakukan transisi dari perangkat TV analog menjadi TV digital.

Set-top box (stb) menjadi perlengkapan alat yang dihubungkan pada Televisi analog dengan guna mengkonversi sinyal digital jadi foto serta suara analog. STB bekerja dengan mengganti sinyal digital jadi sinyal analog sehingga Televisi analog langsung menyiarkan sinyal digital. Sehingga pengguna Televisi analog dapat menikmati siaran Televisi digital,bahkan bisa nonton youtube, tiktok, menampilkan foto, suara serta informasi berbentuk sinyal- sinyal dan lainnya

Perihal tersebut tentu tidak terlepas dari pertumbuhan teknologi data serta komunikasi yang begitu pesat. Sehingga mengharuskan Anda segera bergeser menggunakan pemakaian Set-Top Box Televisi digital.

Kelebihan menggunakan Set-Top Box TV digital

Salah satu kelebihan menggunakan Set-Top Box yaitu kualitas gambar dan suara yang lebih tinggi daripada siaran TV analog.

Keuntungan berikutnya ialah membantu Anda dalam mendapatkan tambahan channel siaran digital. Selainnya itu, menggunakan Set-Top Box ini membuat pengguna tidak perlu beli tv digital.

Baca juga: Info Channel TV digital Jember Terbaru, Cek Sekarang

Channel lokalnya lengkap dan gratis bisa nonton siaran olahraga, seperti MotoGP di Trans7, Badminton di mnc group, sepak bola BRI liga 1 di Emtek group.

Kekurangan menggunakan Set-Top Box TV digital

Kelemahan menggunakan Set-Top Box TV digital yaitu lokasi serta kualitas sinyal yang terkadang tidak bisa ditentukan.

Masih menggunakan antena indoor atau bisa dengan outdoor. Hal ini juga termasuk kekurangan dari menggunakan Set-Top Box tv digital yang apabila lokasi rumahnya pelit sinyal harus beli antena outdoor yang bagus supaya pake.

Untuk wilayah Jember sendiri sampai saat ini tergolong masih belum bisa maksimal dan sinyalnya tidak merata. Mesti terkadang menggunakan kualitas antena yang bagus namun lokasinya tidak mendukung itu tidak menjamin bisa sempurna.

Jika masih masih ragu, alangkah baiknya untuk mencari informasi melalui grup facebook supaya bisa mengetahui apakah lokasi rumahnya sudah support dengan sinyal TV digital.

Demikian ulasan mengenai kekurangan serta kelebihan menggunakan Set-Top Box tv digital. Kalau masalah kerusakan elektronik itu masih dalam batas wajar ya. Hal tersebut terkadang akibat dari arus listrik yang kurang stabil serta penggunaan yang berlebihan sehingga membuat elektronik tidak dapat bertahan lebih lama.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment