Perbedaan LNB C-Band dan KU-Band Serta Kelebihan Kekurangannya

Gambar cewek parabola Asia (ilustrasi)
JEMBER, Antara LNB C-Band dan LNB KU-Band – Dalam dunia tracking khususnya bagi pemula sangat penting untuk diketahui. Dengan demikian, kita bisa memutuskan untuk memilih LNB atau jenis antena parabola mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Karena masing-masing jenis LNB punya kelebihan dan kekurangan, sehingga pantas untuk diperhitungkan pada berbagai aspeknya sebelum dibeli.

Meski sama-sama punya fungsi sebagai alat untuk menerima sinyal, namun kedua jenis LNB ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Lantas mana yang lebih baik? Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan LNB C-BAND dan KU-Band, Anda bisa simak ulasannya berikut

LNB C-Band
Sejak dulu, LNB C-Band paling umum digunakan karena dipercaya lebih stabil dan tahan terhadap segala cuaca. LNB ini memiliki frekuensi yang kecil, supaya bisa maksimal harus menggunakan antena minimal ukuran 6 feet (solid) 6 feet (jaring) hingga 9 feet (jaring).

Kekurangannya, LNB C-Band membutuhkan ukuran antena parabola lebih besar dan memakan tempat. Apabila menggunakan dish dengan ukuran 100cm disarankan pakai Conical Scalar Ring (CSR) atau biasa disebut Corong.

LNB KU-Band
Secara umum jenis LNB KU-Band menggunakan dish parabola mini ukuran 45cm, 60cm, 80cm yang beroperasi pada frekuensi 10,7 - 12,75 Ghz. Selain harga lebih terjangkau, pemasangannya lebih mudah dan tidak memakan tempat.

Kekurangannya, untuk kekurangan dari LNB KU-Band atau Universal ini tidak tahan cuaca. Ketika mendung tebal atau turun hujan sinyal loncat-loncat seperti kodok dan gambar hilang.

Inilah yang membuat LNB C-Band lebih unggul dibanding LNB Ku-Band. Seperti yang kita tahu di Indonesia sangat populer dengan curah hujan tinggi.

Jadikan beberapa perbedaan sebagai pertimbangan dalam memilih jenis LNB parabola yang diinginkan. Jika tertarik untuk membeli atau pasang baru antena parabola, Anda bisa membelinya di toko elektronik terdekat dan bisa melewati 0895370095999. Pilih sendiri jenis parabola yang diinginkan sesuai selera. Langkah pemesanannya mudah dan Insya Alloh amanah.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment