Cara Mudah Mengetahui LNB Parabola Rusak Tidak Berfungsi

Ilustrasi cewek dengan LNB Parabola
JEMBER, Ciri-ciri LNB lemah dan mati – LNB (Low Noise Block) merupakan alat untuk menerima sinyal parabola yang diletakan di depan dish. Secara umum ada dua jenis, yaitu C band untuk parabola jaring dan Ku band untuk parabola mini.

Baca juga: Cara Tracking Measat di K-vision dengan Mudah

LNB ini biasanya cukup awet dan jarang rusak, tetapi potensi kerusakan barang elektronika merupakan salah satu masalah yang harus dihadapi setiap pemiliknya.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui kondisi bahwa LNB tetap berfungsi dengan baik atau sudah mati, sehingga bisa lebih mudah dan tidak kebingungan ketika melakukan tracking satelit.

Produk elektronik biasanya mengalami kerusakan tanpa alasan yang jelas, terlebih receiver terlalu lama di nyalakan atau terlalu lama dalam posisi stanby. Untuk mengetahui lebih jelas, berikut ini ciri-ciri LNB yang tidak berfungsi, dirangkum dari berbagai sumber, Senin, (04/10/2021).

1. Pahami jenis parabola yang digunakan, apakah menggunakan LNB KU-Band atau C-band
- Ciri khas dari LNB KU-Band Transponder nya terdiri dari lima digit. Kekurangannya yaitu sinyal akan menurun bahkan hilang sinyal apabila cuaca mendung tebal atau hujan deras.

- Sedangkan ciri utama dari Lnb C-Band yaitu transponder nya terdiri dari empat digit. Jika menggunakan LNB C-Band ini kita sudah bisa menikmati siaran-siaran yang free to air (fta) maupun siaran-siaran yang terenkripsi dan tahan terhadap segala cuaca.

2. Meskipun intensitas sinyal ada, tetapi tidak dapat menangkap satelit atau sinyal lemah
- Ciri-ciri kerusakan LNB yaitu, ketika sudah lock sinyal satelit namun sering loncat. Hal ini terkadang membuat kita terlalu lama dalam proses tracking apabila belum tau permasalahannya.

3. Polaritas Vetikal maupun Horizontal tidak dapat ditangkap receiver
- Selanjutnya, ciri-ciri LNB rusak atau mati yaitu jika dihubungkan secara langsung ke receiver tidak muncul intensitas sinyal 0%, meskipun intensitas sinyalnya dapat terkadang polaritas Horizontal atau Vertikal mati. LNB yang masih normal jika dihubungkan secara langsung dengan receiver akan menghasilkan intensitas sinyal diatas 60%.

Semua produk elektronik pasti mempunyai potensi kerusakan pada bagian komponen tertentu, baik itu akibat batas pemakaian terlalu lama maupun akibat kesalahan yang tak pasti dan jelas.

Nah, apabila barang elektronikmu rusak atau ada suatu kendala dan kamu tidak memiliki kemampuan untuk memperbaikinya sendiri, alangkah baiknya serahkan saja perbaikan parabola kepada ahlinya, hal ini untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment

0 Response to "Cara Mudah Mengetahui LNB Parabola Rusak Tidak Berfungsi"

Posting Komentar