Solusi, Parabola Ku Band tak ada Sinyal saat Hujan dan Mendung Tebal

Ku Band tidak tahan cuaca hujan
JEMBER,Beritadi.com – Siaran parabola Ku Band hilang walau hujan sudah berhenti? Mungkin anda sering mengalami hal tersebut. Untuk wilayah perkotaan sekarang banyak yang menggunakan parabola mini, itu karena mudah dipasang dan tidak memakan tempat.


Jenis antena parabola mini (Ku Band) simple mudah di pasang serta harganya sangat terjangkau dan channel lokalnya lebih lengkap dengan receiver rekomendasi seperti K-vision, Nusantara HD, NEX Parabola,

Tetapi bukan tanpa kelemahan, karena dari sisi lain parabola Ku Band ini tidak tahan terhadap cuaca seperti mendung tebal ataupun hujan deras. Berbeda dengan parabola jenis S Band dan C Band yang notabene lebih tahan terhadap cuaca buruk.

Perlu diketahui bahwa, setiap individu tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Saat hujan, pengguna parabola mini akan mengalami siaran hilang atau tidak ada sinyal, fenomena alam ini tidak bisa kita hindari.

Bahkan sering terjadi, meskipun hujan selesai sinyal satelit masih bermasalah dan tidak ada sinyal. Lalu bagaimana solusinya?

Kita membahas bagaimana cara kembalikan intensitas sinyal parabola Ku Band menurun meskipun hujan sudah reda.

Biasanya, sinyal tidak normal itu karena masalah genangan air yang tertinggal pada antena parabola. Hal ini terjadi karena genangan tersebut mengganggu pemantulan sinyal kepada LNB. Maka jika masalah ini terjadi, ketika hujan sudah reda, kita periksa atau hilangkan sebagian air dari dish itu menggunakan lap atau gabus.

Solusi lainnya adalah mengganti antena Ku Band dengan ukuran yang lebih besar. Hal ini dilakukan supaya jumlah intensitas sinyal yang dipantulkan LNB Ku Band lebih tinggi dibandingkan ukuran antena yang lebih kecil.

Bagaimana, sudah paham? Semoga bisa membantu ya :)

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment