Nyeri Haid - Penyebab dan Pertolongan

Terasa nyeri saat haid, ilustrasi : shutterstock
JEMBER, Beritadi.com – Menstruasi/haid umumnya dimulai usia 12 atau 13 tahun, wanita yang sehat akan mengalami secara teratur setelah berusia 18 tahun. Siklus haid yang normal lamanya berkisar antara 5 sampai 7 hari.

Baca juga: Cara Mudah Pesan Makanan Lewat Online, Aman dan Terhindar dari Coronavirus

Biasanya, sebagian wanita tentu mengalami rasa nyeri dan kram pada bagian perut bawah ketika haid tiba. Hal tersebut merupakan gejala yang paling umum terjadi.

Tetapi, rasa nyeri yang timbul membuat sangat tidak nyaman untuk melakukan berbagai macam kegiatan. Apalagi bagi wanita pekerja, sudah dipastikan pekerjaannya tidak terselesaikan dengan baik karena konsentrasi hilang dan yang ada hanya terus merintih kesakitan merasakan nyeri perut yang luar biasa.

Apa itu nyeri haid?


Nyeri haid atau dismenore adalah rasa nyeri di perut bagian bawah yang muncul baik sebelum dan/atau saat haid. Nyeri biasanya mulai terasa dari 1-2 hari sebelum haid.

ilustrasi: Shutterstock / istimewa

Rasa sakit ini biasanya didominasi oleh kram berdenyut di perut yang menyebar ke punggung hingga paha. Intensitasi nyerinya bisa bervariasi pada tiap wanita dan tiap waktunya. Kadang terasa sangat kuat tetapi singkat, di lain waktu bisa terasa

Berbagai masalah menstruasi


Kram Menstruasi dan Ketegangan Pra-menstruasi - Mungkin Anda pernah merasa jengkel, tertekan, dan gelisah? Bahkan payudara terasa tampak lebih penuh dan ada pembengkakan ekstremitas bawah, terkadang sampai mengalami sakit kepala atau insomnia. Hal tersebut dikarenakan adanya perubahan hormon dan ketidakseimbangan.

Menstruasi yang tidak teratur - Hal itu disebabkan karena perubahan hormon.

Periode yang Menyakitkan - Wanita sering memiliki masalah umum Dismenorea secara medis diistilahkan untuk periode yang menyakitkan. Mungkin anda merasakan sakitnya segera saat menstruasi atau selama periode aliran. Bahkan beberapa hari sebelum kencan mungkin merasakannya.

Aliran berlebih - Ini adalah kondisi yang sangat umum dan setiap wanita menderita masalah menstruasi ini, biasanya terkena anemia atau fibroid.

Penghentian Periode - Secara medis dikenal sebagai Amenorrhoea, ini biasanya terjadi pada saat menopause dan ketika Anda hamil, selain itu tidak normal. Alasannya bisa karena khawatir, stres, anemia, ketakutan, gangguan emosi, kesedihan, TBC, malformasi rahim setelah beberapa penyakit.

Terapkan langkah-langkah sederhana dan saksikan perbedaannya

Sebagai wanita terkadang tidak mementingkan kesehatan, karena beberapa masalah yang kita hadapi selama periode ini benar-benar normal. Namun setidaknya yang kita butuhkan adalah makanan seimbang yang normal. Usahakan memiliki lebih sedikit junk dan makanan berminyak selama menstruasi. Selain itu,minumlah banyak air dan jus dan ikuti saja latihan tangan bebas. Hindari latihan yang membuat stres selama menstruasi. Dan yang terpenting adalah tidur dengan nyenyak.

Obat alami dan pengobatan rumahan untuk masalah menstruasi Di bawah ini merupakan beberapa bahan yang bisa sangat berguna/bermanfaat dan mudah tersedia di dapur rumahan.

Pepaya - Untuk memudahkan aliran pepaya adalah buah yang sangat baik. Pepaya matang dan mentah sangat membantu dan bermanfaat bagi tubuh kita.

Biji wijen - Biji wijen memiliki nilai obat/khasiat yang sangat bagus. Satu sendok makan setiap hari selama periode akan memastikan/melancarkan aliran menstruasi yang tepat.

Peterseli - Jus peterseli meningkatkan aliran menstruasi dan membantu mengatur menstruasi anda setiap bulan, juga mengurangi kram. Jus peterseli harus dicampur dengan jus wortel, bit dan mentimun dan diminum untuk bantuan.

Jahe - Untuk periode menyakitkan dan aliran menstruasi yang tepat, jahe bisa menjadi bahan yang sangat efektif untuk meredakan sakit. Jahe dapat diambil dengan menambahkan potongan segar yang dihancurkan ke dalam air dan didihkan. Gula dapat ditambahkan untuk rasa ke dalam campuran dan dikonsumsi setelah makan tiga kali sehari. Asupan teratur bisa sangat bermanfaat.

Biji ketumbar - Untuk mengobati aliran berlebihan, biji ketumbar merupakan solusi pilihan yang tepat. Rebus lima gram bubuk ketumbar dalam lima gelas air dan tambahkan gula sesuai selera. Campuran ini berfungsi sebagai obat yang baik dan harus dikonsumsi ketika masih hangat

Latihan tangan gratis

Beberapa wanita berpendapat bahwa olahraga harus dihindari selama menstruasi, tetapi pada kenyataannya penting bahwa Anda melakukan beberapa latihan lembut untuk fleksibilitas, kebugaran umum dan kesehatan yang baik. Berjalan adalah salah satu latihan yang bagus dan bisa kita terapkan dengan mudah. Anda dapat menggabungkannya dengan latihan relaksasi otot, latihan rentang gerak dan latihan pernapasan dalam.

Manfaat Yoga

Telah terbukti bahwa yoga dapat sangat berguna dalam menyembuhkan banyak masalah kesehatan secara alami. Bahkan berbagai masalah menstruasi seperti pendarahan hebat, kram menstruasi, dan sakit punggung, sakit perut dapat diobati dengan berlatih yoga. Kapalabhati, Anuloma viloma adalah asana tertentu yang sangat membantu.

Kantong Air Panas

Kantong air panas sangat berguna karena memberikan kehangatan untuk menghilangkan rasa sakit haid. Selain bermanfaat, harganya pun bisa dibilang sangat terjangkau serta mudah digunakan dan juga bisa dibawa ke mana saja. Dengan ini, kita bisa bersantai menonton acara TV favorit sambil meletakkan kantong air panas di bawah jaket atau selimut.

Baca juga: Jarang Diketahui, Lemak Juga Penting Bagi Tubuh, Berikut Ulasannya

Dengan menggunakan metode di atas setidaknya kita dapat mengadopsi untuk bantuan primer. Namun jika masalah menstruasi masih berlanjut maka disarankan agar Anda mengunjungi dokter.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment