Jarang diketahui, Ternyata Lemak Juga Penting Bagi Tubuh, Berikut Ulasannya

Makanan berlemak tinggi baik untuk kesehatan (shutterstock)
JEMBER, Beritadi.com – Ketika mendengar kata lemak, banyak orang yang menghubungkannya dengan masalah kesehatan. Padahal, mengkonsumsi makanan berlemak justru bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kesehatan yang dibutuhkan tubuh.

Seperti yang telah diketahui, bahwa konsumsi lemak menjadi salah satu bagian penting dalam menjaga kesehatan. Bahkan, lemak dikategorikan sebagai sumber energi utama selain protein dan karbohidrat.

Oleh karena itu, kita harus lebih bijak dalam mengkonsumsi makanan berlemak tinggi supaya terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan. Karena ada beberapa jenis lemak yang tidak baik bagi kesehatan, seperti daging merah, kulit ayam, telur, aneka produk susu, pizza, biskuit dan kentang goreng.

Sedangkan lemak tak jenuh dianggap sebagai lemak yang baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa jenis makanan berlemak tinggi dan menyehatkan diantaranya adalah:

1. Alpukat
Kalori yang terkandung pada buah alpukat 77% berasal dari lemak. Namun, lemak yang terkandung dalam alpukat merupakan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung.

Di Amerika Serikat, menurut salah satu lembaga kesehatan disana menyebutkan bahwa kandungan lemak tak jenuh tunggal yang terdapat pada alpukat mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Selain itu, manfaat alpukat yang juga dapat diperoleh adalah kandungan mineral, fitonutrien, folat, serat, zat besi, potasium, lutein, beta karoten, dan vitamin E.

2. Ikan
Ikan dikategorikan makanan yang berlemak tinggi, namun baik untuk kesehatan. Karena kandungan lemak jenis asam lemak omega 3 yang tinggi pada ikan, penting bagi kesehatan tubuh dan otak sehingga konsumsi ikan yang cukup dapat membuat otak bekerja lebih optimal.

Selain itu, kandungan asam lemak omega 3 juga sering dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit stroke, serangan jantung, dan alzheimer. Untuk mendapatkan lemak sehat pada ikan, konsumsilah ikan yang tidak mengandung tinggi merkuri, seperti salmon, sarden, tongkol, kakap, dan tuna.

3. Kacang
Kacang kaya akan kandungan lemak, vitamin E, magnesium, serat, dan protein nabati yang dibutuhkan tubuh. Jenis lemak yang terkandung pada kacang-kacangan pun tergolong lemak sehat yang baik untuk kesehatan. Misalnya, kacang kenari yang memiliki kandungan asam lemak omega 6 yang disebut dengan asam linoleat. Lemak ini baik untuk kesehatan jantung. Penelitian menyebutkan, orang yang mengonsumsi kacang cenderung lebih sehat, dan memiliki risiko lebih rendah menderita obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

Selain kenari, kacang yang direkomendasikan adalah kacang almond dan kacang macadamia. Sebaiknya, pilih produk kacang yang diolah tanpa garam, gula, dan minyak tambahan.

4. Cokelat hitam (dark chocolate)

Cokelat hitam merupakan makanan berlemak tinggi yang lezat. Selain lemak, cokelat hitam juga mengandung serat dan berbagai mineral seperti zat besi, magnesium, mangan dan tembaga. Cokelat jenis ini juga sangat kaya antioksidan.

Menurut penelitian, konsumsi cokelat hitam sekitar lima kali per minggu, dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung. Cokelat hitam juga dapat meningkatkan fungsi otak dan melindungi kulit dari sinar matahari. Namun pastikan cokelat hitam yang dikonsumsi berkualitas baik dan tidak mengandung banyak campuran.

5. Minyak zaitun murni

Makanan berlemak tinggi berikutnya adalah minyak zaitun murni. Kandungan lemak yang terdapat pada minyak zaitun murni adalah minyak tak jenuh tunggal yang baik bagi kesehatan. Konsumsi minyak zaitun murni dalam kadar yang tepat dapat menurunkan risiko mengalami penyakit jantung. Selain itu, kandungan lemak pada minyak zaitun juga dapat mengurangi risiko pembentukan plak pembuluh darah akibat kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Itulah beberapa daftar makanan sehat yang berlemak tinggi yang baik untuk kesehatan. Jangan lupa juga untuk tetap mengonsumsi makanan berserat. Karena hal itu dapat membantu tubuh mencerna makanan berlemak tinggi, serta membantu mengatasi sembelit.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com, dengan judul Sederet Makanan Berlemak Tinggi, tapi Baik untuk Kesehatan.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment