4 Tips Agar Stamina Terjaga Selama Musim Hujan

Pentingnya jaga stamina saat musim hujan

JEMBER, Beritadi.com – Musim hujan mulai tiba, menjaga kondisi kesehatan itu lebih diutamakan dan jangan sampai mengabaikannya. Seperti yang kita tahu bahwa hujan dapat memberikan bantuan yang luar biasa dari panasnya terik matahari dan suhu yang sangat meningkat.

Hujan bertindak sebagai penyegar hebat bagi setiap makhluk hidup di lingkungan kita, tetapi dengan kelegaan hebat ini juga membawa sejumlah penyakit berbahaya, itu pasti. Genangan air hujan akan berdampak datangnya penyakit, seperti penyakit kuning, keracunan makanan, tipus, malaria dan sebagainya. Anak-anak dan orang tua kita lebih rentan terhadap infeksi seperti itu karena tingkat kekebalan mereka tidak terlalu kuat. Orang-orang yang memiliki kondisi kesehatan seperti diabetes, radang sendi, masalah kardiovaskular, paru-paru yang lemah sangat rentan terinfeksi selama musim hujan.

Karena itu, sangat penting untuk ekstra hati-hati dengan kesehatan Anda selama musim hujan. Mari kita bahas tentang beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalkan kemungkinan terkena infeksi dan tetap sehat sepanjang musim ini.

1. Hindari Dehidrasi
Mungkin banyak yang heran, apa perlunya minum segelas air ekstra selama musim hujan? Jawabannya adalah bahwa selama musim hujan keringat membutuhkan waktu ekstra untuk menguap dari tubuh karena tingkat kelembaban yang tinggi yang menyebabkan masalah dalam melepaskan panas dari tubuh. Sebaiknya gunakan air minum dalam pesawat daripada memiliki minuman berkarbonasi karena mengurangi kadar mineral dan mengganggu keseimbangan asam di lambung sehingga membuat sistem pencernaan lemah.

2. Perhatikan Diet Anda
Sistem pencernaan kita cenderung bekerja pada kecepatan yang lebih lambat selama musim hujan, karena itu baik untuk memiliki makanan moderat dan makan hanya ketika Anda merasa lapar. Makan berlebihan di musim hujan dapat menyebabkan masalah pencernaan dan membuat seseorang rentan terhadap penyakit kuning.

Makan sayur seperti labu pahit, minum kapsul haldi dan nimba yang memiliki sifat antioksidan dan efektif dalam meningkatkan tingkat kekebalan tubuh.

Buah-buahan seperti pisang, apel, pir dan sayuran seperti wortel juga baik untuk menjaga tingkat kekebalan Anda dalam kondisi prima dan sistem pencernaan Anda baik-baik saja.

3. Antisipasi Timbulnya Penyakit
Selama musim hujan, nyamuk berada dalam kondisi paling mematikan dan sangat penting untuk mencegah gigitan nyamuk karena dapat menyebabkan malaria. Ini dapat dilakukan dengan membuang semua air yang tergenang dari tempat-tempat seperti vaas bunga, pendingin udara, dan menggunakan penolak nyamuk.

4. Kurangi Konsumsi Makanan Luar
Penyebab nomor satu masalah kesehatan selama musim hujan adalah makan makanan luar. Ada kemungkinan besar makanan luar terkontaminasi bakteri yang dapat menyebabkan masalah serius seperti keracunan makanan. Oleh karena itu lebih baik untuk tidak makan di luar selama musim hujan.

Terlepas dari latihan ini secara teratur, hindari basah kuyup dalam hujan dan jaga tingkat kebersihan Anda sebaik mungkin. 4 Tips diatas merupakan salah satu bagian yang harus diterapkan karena mempertahankan semua hal kecil ini akan membantu Anda untuk menikmati musim hujan dengan kesehatan yang baik bersama keluarga Anda.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment