Hujan Deras di Banyuwangi, Tebing di Kecamatan Licin Longsor

BANYUWANGI, Beritadi.com – Akibat diguyur hujan deras, tebing di jalur penghubung antara Desa Banjar dan Desa Segobang, Kecamatan Licin, Banyuwangi, longsor. Meskipun tidak ada korban jiwa, namun arus lalu lintas jalur dua desa tersebut terganggu, Sabtu malam, (2/11/2019).

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Andika Pusadan mengatakan, tebing tersebut longsor sekitar pukul 20.00 Wib.

"Hal tersebut disebabnya karena hujan mengguyur dengan intensitas tinggi dan durasi lama," terangnya.

“Selain itu juga kondisi tanahnya labil, jadi mudah longsor. Lokasinya di Dusun Banyu Cindeh, Desa Segobang,” kata Andika, Minggu (3/11/2019).

Lebih lanjut, Andika menyatakan bahwa potensi longsor susulan di lokasi tersebut masih bisa terjadi kembali karena kondisi tanah yang kurang baik. Longsor tersebut membawa material tanah dan batu, akibatnya saluran pembuangan air hujan di sekitar lokasi kejadian tertutup.

Bahkan kabel dan satu tiang lampu penerangan jalan (LPJ) ikut ambruk karena terkena longsoran tanah.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pemangku wilayah setempat terutama petugas pembantuan penanggulangan bencana di Kecamatan Licin.

Penanganan bisa dilakukan dengan menggunakan alat berat seperti bego kecil karena penanganan darurat yang dilakukan TRC tidak memungkinkan untuk mengevakuasi material tanah padas yang longsor di pinggiran jalan,” pungkasnya.

Sumber: timesindonesia.co.id

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment