Jember: Cuaca Panas Picu Gunung di Tembokrejo Terbakar

Gunung terbakar ilustrasi (istimewa)
JEMBER, beritadi.com – Diduga akibat cuaca panas terik, hutan lereng gunung Tri Anggulasi atau dikenal gunung Tembok, Desa Tembokrejo Kecamatan Gumukmas, Kabupaten Jember itu terbakar, Jumat (22/12/2023) malam.

Meski tak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran gunung tersebut, tetapi luas area yang terbakar sekitar kurang lebih sekitar 1,5 hektar.

Pantauan Suarajatimpost.com, warga memperkirakan kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 18.30 WIB dan menghancurkan bambu serta kayu hutan milik warga sekitar.

Serka Gusti dari Babinsa Kolamil Gumukmas mengatakan, sejak kejadian tersebut, dirinya mendapat informasi dari warga sekitar bahwa telah terjadi kebakaran di lahannya.

“Setelah mendapat informasi, kami menghubungi tim gabungan masyarakat dan beberapa petugas BPBD dan Mapolsek Gumukmasi dan memadamkan api dengan menggunakan peralatan yang diperlukan.” kata Selka Gusti.

Disinggung berapa luas lahan di gunung tersebut yang terbakar, pihaknya masih melakukan penilaian bersama.

“Data yang saya peroleh tidak jelas situasi di kawasan itu, tapi kebakarannya sangat besar dan saya memadamkan beberapa kebakaran kecil secara bersamaan,” jelasnya.

Saat ditanya penyebab spesifik kebakaran tersebut, kelompok masih mencari informasi yang jelas dan benar di musim kemarau ini.

“Penyebabnya belum jelas, namun bambu dan pohon hutan mudah terbakar di sini,” ujarnya.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, suasana di lereng gunung masih sangat ramai, warga sekitar lereng gunung keluar rumah untuk berjaga-jaga, karena api kecil belum juga padam.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment