Apakah Antena Parabola Sudah Termasuk Siaran Digital? Begini Penjelasannya

Apakah parabola sudah termasuk digital?
JEMBER, Beritadi.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah mewajibkan untuk beralih dari penyiaran analog ke sistem penyiaran digital paling lambat 2 November 2022.

Namun, untuk menikmati siaran TV digital, Anda bisa mengecek terlebih dahulu apakah lokasi di rumah sudah mendukung siaran digital atau belum.

Baca juga: Paket Piala Dunia U-17 2023 Nex Parabola Hanya 199 Ribu, Langsung Aktif

Apabila lokasi tidak bisa mendapatkan siaran digital, solusinya adalah menggunakan antena parabola mini ataupun Jaring.

Bagi masyarakat awam mungkin belum akrab dengan istilah siara TV digital, padahal ini sering muncul lewat iklan televisi untuk segera beralih ke siaran digital.

Apakah siaran TV parabola sudah termasuk digital?

Memakai antena TV parabola sudah termasuk siaran digital. Namun yang menjadikan perbedaan yaitu terletak di jenis antena penerimanya.

Sistem parabola pendukungnya menggunakan antena/parabola yang berfungsi untuk mengakses saluran televisi yang disiarkan lewat satelit. Kemudian didistribusikan ke televisi guna menampilkan gambar dan suara melalui alat recevier.

Siaran TV parabola melewati jalur satelit dan tidak memerlukan ketinggian karena menggunakan sistem satelite.

Sementara untuk siaran TV digital membutuhkan antena biasa (UHF) menggunakan sistem teknologi DVBT2. Antena harus tinggi dan minimal diatas genteng supaya kualitas sinyal stabil.

Siaran TV digital adalah jenis TV yang memakai teknologi modulasi baru dan sistem kompresi berbasis digital (Set-Top Box) guna menangkap sinyal suara, gambar dan data ke perangkat televisi.

Bahkan, tidak semua lokasi bisa mendapatkan sinyal digital dengan mudah karena tergantung lokasi masing-masing tempat. Berbeda dengan yang tinggal di wilayah kota yang sudah tersedia induk tower sinyal digital dan bisa maksimal.

Jadi buat Anda yang punya parabola atau sudah menggunakannya tidak perlu khawatir karena sebelum adanya wacana migrasi TV digital, TV parabola sudah ada terlebih dahulu.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment