Bagaimana Nasib Receiver Dengan adanya TV Digital? Ini Penjelasannya

Nasib parabola setelah ada siaran digital
JEMBER, Beritadi.com – Mungkin jawaban dari pertanyaan ini ditujukan kepada user atau pengguna yang masih belum paham apa itu siaran digital. Memang secara bertahap pemerintah mulai menerapkan siaran TV digital dan bagi Anda yang sudah menggunakan antena parabola tidak perlu khawatir.

Baca juga: Update! List Channel NEX Parabola di Satelit SES 9

Secara umum parabola sudah menggunakan sistem digital, jadi sebelum muncul TV Digital parabola sudah lebih dulu ada. Karena parabola sistemnya menggunakan sebuah perangkat untuk menangkap sinyal sehingga bisa menampilkan siaran ke layar Televisi.

Meskipun sama-sama digital, namun ada sejumlah perbedaan yang perlu diketahui, berikut perjelasannya.

Pada umumnya, siaran digital ini sudah support DVB-T2 (Digital Video Broadcasting-Terrestrial generasi kedua). Sehingga untuk dapat menonton siaran televisi digital, hanya membutuhkan set top box (stb) serta antena UHF biasa di rumah untuk menangkap sinyal. Anda tidak harus membeli TV baru, cukup tambahkan dekoder DVB-T2 ke TV tabung.

Sedangkan untuk parabola TV atau satelit tidak memerlukan Set Top Box (STB) DVB-T2, cukup memasang dish parabola serta recevier supaya bisa menangkap siaran satelit ke Televisi.

Diketahui bahwa mulai sekarang pemerintah mulai menerapkan siaran TV digital secara bertahap dan siaran TV analog akan dihentikan paling lambat pada tanggal 2 November 2022 mendatang.

Untuk kedepannya semua akan dialihkan ke sistem siaran digital, kualitas gambar lebih bersih, suara lebih jernih dan gratis.

Jadi buat pengguna antena parabola jangan khawatir karena siarannya sudah digital. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bisa menambah wawasan dan informasi Anda semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, dan salam hangat dari www.beritadi.com

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment

0 Response to "Bagaimana Nasib Receiver Dengan adanya TV Digital? Ini Penjelasannya"

Posting Komentar