Cara Menggabungkan Satelit Telkom 4 dan Asiasat7 (Channel India) dengan Mudah

ilustrasi dunia tracking satelit parabola
JEMBER, Menggabungkan dua LNB satu antena parabola – Tracking parabola memang salah satu hal yang sangat menyenangkan karena mampu menaklukkan salah satu satelit yang diharapkan dan sekaligus hobi yang dapat menghasilkan uang. Siapapun pasti bisa, namun bukan berarti semua hobi bisa menjadi sumber penghasilan loh :)

Jika membahas tentang dunia tracking satelit mungkin tidak asing lagi di telinga kebanyakan orang. Tetapi masih ada yang belum memahami bagaimana cara menggabungkan dua satelit dalam satu dish tersebut.

Meskipun hal ini tak mudah, akan tetapi jika melakukan dengan maksimal maka akan sangat berguna pada akhirnya nanti.

Seperti dikutip dari berbagai sumber bahwa satelit Telkom 4 "Merah Putih" adalah komunikasi geostasioner milik Indonesia yang dioperasikan oleh perusahaan PT. Telekomunikasi Indonesia yang diluncurkan pada tanggal 7 Agustus 2018 dengan tinggi orbit: 35.786 km dan bujur orbit: 108.0° E.

Sedangkan Asiasat7 diluncurkan oleh ILS Proton Breeze M kendaraan dari Baykonur, Kazakhstan pada 26 November 2011. Asiasat7 menjangkau area yang sangat luas bahkan sampai seluruh wilayah Asia termasuk Indonesia. Ada banyak acara channel televisi India.

Banyak channel yang bisa dinikmati secara gratis di Asiasat7, hanya saja kebanyakan berbahasa india atau pakistan. Ada siaran dari India, Film India, lagu-lagu India, bahkan sampai ada Iklan obat kuat.


Lalu bagaimana cara menggabungkan satelit Telkom 4 dan Asiasat7 jadi satu?

1. Siapkan bracket untuk di modifikasi, pasang diseqc switch parabola dengan jalur port sesuai keinginan.

2. Usahakan ukuran atau jarak kedua LNB berdampingan (dempet)

3. Pastikan angka 0 derajatnya sejajar

4. Setting port di receiver sesuai keinginan dan masukan frequenci terkuat Telkom4 yaitu 3722 H 32727

5. Selanjutnya lakukan tracking dengan Telkom4 sebagai titik fokus berada disisi sebelah barat. Sedangkan Asiasat7 di sebelah timur (offside) sambil pantau intensitas sinyal yang muncul.

6. Setelah mendapatkan kualitas sinyal yang bagus, langkah berikutnya memasukkan transporder ANTV yaitu 3850 H 6000

7. Langkah terakhir masukkan transporder terkuat dari Asiasat7 yaitu 3652 V 14100. Setelah mendapatkan sinyal lakukan scan buta

Ketika belajar Jangan takut salah, takutlah ketika tidak bisa belajar dari kesalahan karena guru terbaik dan paling teliti dalam hidup adalah kesalahan, selamat mencoba ya.

Itulah cara tracking satelit Telkom4 dan Asiasat7 dalam satu antena parabola dengan mudah. Jika ada kesulitan bisa segera menghubungi tukang servis atau teknisi parabola terdekat di rumah Anda.

#NB: Walaupun di Asiasat7 tidak bisa maksimal tapi untuk siaran ZING NEW aman dan ada sekitar kurang lebih adassekitar 50 channel. Disini sudah dibuktikan menggunakan anten parabola venus ukuran 7 feet TKP Jember Jawa Timur.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment