Usai Makan Ikan Buntal, 3 Orang Sekeluarga di Banyuwangi Meninggal

3 Orang sekeluarga di Banyuwangi keracunan
BANYUWANGI, Beritadi.com – Ikan buntal atau Puffer fish merupakan jenis ikan yang memiliki racun yang terkandung dalam tubuhnya. Selain itu, ikan yang termasuk dalam famili Tetraodontidae ini memiliki strukrur tulang belakang yang sangat tajam dan berbahaya.

Jika disentuh dia bisa mengembang dan mengeluarkan duri yang sangat tajam. Ciri khas dari ikan ini menggembungkan badannya jika merasa dalam bahaya.

Baca juga: Ikan Buntal, Hewan Paling Mematikan Jarang Diketahui Manusia

Melansir dari detik.com, Selasa (10/03/2020) satu keluarga dari Desa Alasbuluh, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, itu tewas usai menyantap ikan buntal.

Tiga orang itu yakni, Muhlis Hartono (65), Dewi Ambarwati (50), dan Siti Habsah (80). Muhlis dan Dewi adalah pasutri, sementara Siti adalah ibu Dewi.

Menurut Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin bahwa, ikan tersebut dimasak setelah didapat dari hasil memancing.

"Jadi ikan buntal yang didapat itu kemudian dimasak," ujarnya Arman.

Ikan itu, kata dia, dimasak bumbu santan dan digoreng lalu dimakan untuk lauk selama dua hari.

"Di hari pertama makan perut mereka terasa mulas. Hingga pada hari kedua mereka masih tetap memakan ikan tersebut. Lalu mereka merasa pusing dan muntah," katanya.

Akibat kejadian itu, ketiganya kemudian dilarikan ke Puskesmas terdekat, namun nyawanya tidak tertolong.

Untuk lebih meningkatkan kewaspadaan, Kapolresta Banyuwangi juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar warga tidak konsumsi ikan buntal.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih berhati-hati saat mengonsumsi ikan tersebut. Jika tidak memahami cara mengolah sebaiknya jangan sampai mengkonsumsi, karena sangat riskan," pungkas Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment