Ikan Buntal, Hewan Paling Mematikan di Dunia Jarang Diketahui Manusia

Ikan Buntal, foto: istimewa
JEMBER, Beritadi.com – Rabu (11/03/2020) puffer fish atau biasa disebut ikan buntal ini merupakan jenis ikan yang memiliki racun yang terkandung dalam tubuhnya.

Banyak masyarakat yang belum menyadari bahwa binatang ini termasuk dalam spesies ikan vertebrata yang memiliki toksin mematikan.

Dalam sebuah laporan penelitian menunjukkan bahwa, hati, telur, usus, dan kulit ikan buntal mengandung racun tetrodotoxin, yang dianggap lebih berbahaya 10.000 kali daripada zat sianida.

Gejala dari mencerna dosis yang menyebabkan kematian oleh tetrodotoxin adalah pusing, kelelahan, sakit kepala, mual, atau kesulitan bernapas. Korban tetap dalam keadaan sadar namun tidak dapat berbicara atau bergerak. Pernapasan berhenti dan setelah itu akan menimbulkan kematian.

Hingga saat ini belum ada antidotum yang diketahui untuk mengobati racun ikan buntal itu.

Untuk pertolongan pertama yang perlu dilakukan yaitu segera ke rumah sakit untuk di pompa atau mengosongkan isi perut dan memberikan bantuan kedokteran sampai racun berkurang.

Di Jepang, diizinkan mengolah ikan buntal ini untuk dikonsumsi umum. Sehingga menu masakan yang mengandung ikan buntal harganya lumayan mahal. Di sebuah restoran di Osaka menjual menu ikan buntalnya dengan harga 10.500 yen atau sekitar 1.436.514 Rupiah.

Sebagaimana yang telah dijelaskan, bahwa ikan buntal ini bisa dikonsumsi apabila dimasak oleh ahlinya, jadi hindarilah rasa penasaran apalagi coba-coba karena bisa berbahaya.

Saat ini, Toxicologist asal Jepang pada beberapa pusat penelitian kedokteran tengah mengerjakan pengembangan antidot untuk penawar racun tetrodotoxin.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment