Benarkah Cuci Tangan dengan Air dan Sabun Lebih Efektif Membunuh Kuman?

ilustrasi, cuci tangan dengan air dan sabun (istimewa)
JEMBER, Beritadi.com – Mencuci tangan sangat penting untuk kesehatan, karena tangan merupakan organ yang paling sering digunakan untuk mendukung kegiatan setiap hari. Namun, kita sering mengabaikan bahkan malas untuk membersihkan atau mencuci jika tidak terlihat kotor.

Meski begitu, seperti dilansir detik.com, jika masih mengandalkan perlindungan ekstra dari sabun antibakteri, kemungkinan produk tersebut tidak menawarkan pencegahan khusus terhadap kuman dan bakteri.

Ini telah dibuktikan oleh percobaan menunjukkan kuman roti berjamur dan virus yang tidak bisa mati dengan pembersih tangan.

Sejak ramai kasus virus corona (Covid-19), kini Hand sanitizer menjadi barang yang paling diburu oleh banyak orang. Padahal produk pencuci tangan belum tentu efektif dapat membunuh kuman dan virus.

Mengutip 7 News (16/3), Jaralee Annice Metcalf, seorang ilmuwan perempuan dalam bidang perilaku di Idaho, Amerika Serikat menunjukkan sebuah percobaan sederhana dengan menggunakan sepotong roti.

Ketika itu, Jaralee membuat pengalaman sederhana dengan melibatkan anak didiknya. Ia ingin membuktikan bahwa mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik sebelum makan atau saat menyentuh makanan sangat penting bagi kesehatan.

Berdasarkan bahan roti, Jaralee meminta agar anak-anak terlibat langsung dalam pengalaman itu. Dalam uji coba itu ada lima potong roti yang termasuk dalam sampel dan setiap roti diperlakukan berbeda.

Roti pertama dibiarkan bersih, tanpa disentuh oleh tangan atau benda apapun. Sedangkan potongan roti kedua sengaja disentuh menggunakan tangan yang sangat kotor.

Roti yang ketiga disentuh tangan yang bersih, dicuci dengan sabun dan air mengalir. Kemudian, roti keempat juga disentuh oleh tangan yang sudah dibersihkan dengan pembersih tangan (hand sanitizer), dan yang terakhir potongan roti sengaja dipukul di rak di kelas Chroomebook.

Masing-masing roti itu kemudian dimasukkan ke dalam kantong plastik bening, dan didiamkan selama satu bulan. Akibatnya, setiap potong roti menunjukkan adanya perbedaan dari satu yang lainnya. Kondisi yang paling mengerikan tampak terlihat pada potongan roti yang terkena tablet Chromebook.

Jamur juga terlihat di permukaan roti yang disentuh tangan kotor. Bahkan, roti yang disentuh tangan yang sudah dibersihkan dengan hand sanitizer tidak mampu menyingkirkan jamur.

Sementara, tangan yang sudah dicuci dengan sabun dan air memiliki tampilan yang sangat berbeda dan paling bersih.

Foto: detik.com
Percobaan ini menunjukkan bahwa mencuci tangan dengan sabun dan air bersih adalah cara yang efektif untuk membunuh dan menghilangkan kuman. Hal ini membuktikan betapa pentingnya mencuci tangan dengan baik dan benar.

Sedangkan hand sanitizer, bukan sebuah solusi efektif untuk melawan kuman dan virus. Karena hand sanitizer hanya berbasis alkohol dan hanya mampu menonaktifkan kuman. Selain itu, apabila tangan dalam kondisi sangat kotor dan basah tidak dianjurkan untuk mencuci tangan menggunakan hand sanitizer.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment