Atasi Kekeringan, Pemerintah Desa Sanenrejo Bantu Pengairan Sawah

Pemerintah Desa bantu pengairan sawah dengan pompa diesel
JEMBER, Beritadi.com – Curah hujan yang kian hari semakin berkurang membuat areal pertanian yang ditanami padi di Desa Sanenrejo, Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember, kekurangan pasokan air. Kondisi tersebut membuat pemerintah Desa membantu untuk mengatasi agar tanaman padinya tetap hidup.

Kepala Desa Sanenrejo, Sutikno menuturkan bahwa, hal itu dilakukan karena sudah 20 hari lebih didaerahnya tidak turun hujan.

"Ada sekitar 18 hektar area persawahan itu mengalami kekeringan," jelasnya, Selasa (21/1/20), dilansir kradiojember.

Salah satu solusi yang tepat adalah melakukan pengairan menggunakan diesel pompa air dari sumur bor yang ada di areal pertanian. "Sehingga tanaman padi tidak mengalami kekurangan air," katanya.

"Karena sumber air yang ada tidak cukup untuk mengairi seluruh sawah, maka dilakukan upaya lain untuk menambah persediaan air, yaitu dengan membuat sumur bor," jelasnya.

"Apabila kebutuhan air sudah tercukupi, maka tanaman akan tumbuh dan berkembang secara normal sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil produksi pertanian", pungkasnya.

Sutikno menambahkan, disamping upaya pengairan lewat pompa diesel dan sumur bor, pihaknya bersama warga juga terus memanjatkan doa untuk memohon hujan.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment