Selama Tiga Hari, Jember Jadi Tuan Rumah Festival HAM 2019

Foto: Istimewa
JEMBER, Beritadi.com – Di tahun 2019 ini, Kabupaten Jember jadi tuan rumah Festival Hak Asasi Manusia (HAM) ke-VI di tahun 2019. Acara tersebut akan dibuka Selasa pagi, 19 November 2019, dan berakhir Kamis, 21 November 2019.

Dalam acara tersebut, akan dihadiri juga oleh perwakilan 20 negara lainnya. Seperti Swedia, Korea Selatan, Amerika Serikat, Belanda, Thailand, Filipina, serta Timor Leste.

Koordinator Pemajuan HAM Komnas HAM Beka Ulung Hapsara menyatakan bahwa, Festival HAM akan menjadi sarana dan forum berbagi dan belajar bagi pemerintah daerah se-Indonesia.

Pengalaman dan pembelajaran itu terkait dengan inovasi-inovasi dalam penyelesaian kasus pelanggaran HAM.

"Bagaimana mereka menyusun kebijakan berdasarkan perspektif gender, mengakomodasi hak disabilitas serta hak anak," katanya.

Komnas Anak juga akan dilibatkan dalam Festival HAM 2019 di Jember. "Dalam perspektif HAM, suara anak juga didengarkan dan hal ini perlu diapresiasi." ucapnya.

Festival ini akan diawali dengan pembukaan pertunjukan kolosal Tari Bajul Ijo, khas Jember. Tari ini melibatkan 5 ribu anak dan 5 ribu orang dewasa serta guru.

Dari informasi yang telah dihimpun lewat Tempo.co, akan hadir perwakilan berkompeten dari stakeholder di seluruh Indonesia. Festival HAM juga akan dihadiri perwakilan 20 negara yang melaksanakan pembangunan HAM berkelanjutan.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment

0 Response to "Selama Tiga Hari, Jember Jadi Tuan Rumah Festival HAM 2019"

Posting Komentar