Ketahui 8 Manfaat Minum Air Hangat Secara Rutin untuk Kesehatan Tubuh

Gambar ilustrasi (istimewa)
JEMBER, Beritadi.com – Saat tidur, tubuh tidak mendapatkan cukup cairan selama sekitar 8 jam. Oleh karena itu, rasa haus yang wajar terjadi saat bangun tidur. Banyak orang biasanya minum segelas air putih untuk menghilangkan rasa haus tersebut. Namun, ada juga yang memilih minum air putih hangat di pagi hari, terutama saat udara dingin atau sedang sakit.

Meskipun belum ada penelitian yang secara khusus membahas manfaat minum air hangat di pagi hari, banyak orang yang mengklaim bahwa kebiasaan ini dapat berdampak positif bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Banyak manfaat minum air hangat di pagi hari

Terdapat banyak keuntungan dalam meminum air hangat di pagi hari untuk kesehatan yang dapat Anda dapatkan, di antaran:

1. Mengatasi hidung tersumbat: Manfaat minum air hangat di pagi hari adalah membantu mengatasi hidung tersumbat, terutama bagi orang yang sedang mengalami flu atau pilek. Air hangat menghasilkan uap yang bisa dihirup. Uap tersebut memiliki kemampuan untuk melarutkan lendir dalam hidung dan membuat pernapasan menjadi lebih lega.

Selain itu, uap dari air hangat juga bisa membuat otot di dalam rongga sinus menjadi rileks. Rongga sinus adalah ruang kosong yang berisi udara di bagian wajah. Dengan demikian, lendir yang terperangkap di dalamnya dapat lebih mudah keluar dan sensasi penuh di wajah, terutama di bagian bawah mata, dapat mereda.

2. Mengatasi batuk berdahak: Batuk merupakan reaksi alami tubuh untuk mengeluarkan kuman atau benda asing dari saluran pernapasan. Supaya mempermudah proses ini, saluran pernapasan akan menghasilkan lendir sehingga terjadilah batuk berdahak.

Minum air hangat bisa menjadi cara alami untuk mengurangi batuk berdahak karena dapat melunakkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan.

3. Meningkatkan kinerja sistem pencernaan: Mengonsumsi segelas air hangat di pagi hari juga dapat meningkatkan kinerja sistem pencernaan. Air hangat diyakini dapat membantu melarutkan makanan yang sulit dicerna di dalam usus dan mengurangi masalah sembelit. Namun, manfaat yang sama juga dapat diperoleh dengan meminum air putih biasa dalam jumlah yang cukup.

4. Mengatasi masalah susah buang air besar: Keuntungan minum air hangat di pagi hari yang lain yaitu mampu mengatasi masalah susah buang air besar. Biasanya, masalah ini disebabkan oleh kurangnya cairan dalam sistem pencernaan. Dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, salah satunya dengan minum air hangat, dapat membuat tinja menjadi lebih lembut dan lebih mudah dikeluarkan.

5. Bisa mencegah kedinginan: Untuk mengatasi kedinginan yaitu dengan minum air hangat di pagi hari setelah bangun tidur. Cara ini dapat mengurangi respons tubuh seperti menggigil dan menggeretakkan gigi, terutama saat cuaca sangat dingin.

6. Menghindari kekurangan cairan: Minum air dalam suhu apapun dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi, terutama bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan orang yang sering beraktivitas di bawah sinar matahari. Oleh karena itu, disarankan untuk minum air putih setelah bangun tidur di pagi hari agar tubuh mendapatkan cukup cairan sebelum memulai aktivitas.

7. Meningkatkan fungsi sistem saraf: Kurang mengonsumsi air putih dapat memiliki dampak negatif pada sistem saraf yang mempengaruhi fungsi otak. Oleh karena itu, mengonsumsi air putih hangat di pagi hari itu bisa mendukung kinerja kognitif otak, seperti fokus serta pemikiran.

8. Menghilangkan racun: Sebuah studi menyatakan bahwa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dapat melindungi ginjal dan mengurangi racun dalam darah, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Meskipun penelitian ini tidak menyebutkan suhu air atau waktu minum, kebiasaan ini dapat diterapkan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Selain itu, mengonsumsi air hangat di pagi hari juga dapat melawan peradangan, menjaga kesehatan sendi, juga mampu mencegah asam urat.

Untuk meningkatkan nutrisi dan manfaatnya, Anda dapat menambahkan irisan lemon atau jeruk nipis ke dalam air hangat. Namun, ini tidak disarankan bagi penderita asam lambung. Selain diminum di pagi hari, air hangat juga bisa dikonsumsi sebelum tidur untuk membuat tubuh lebih tenang dan meningkatkan kualitas tidur.

Manfaat air hangat sangat beragam, baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Selain memperhatikan suhu air yang diminum, penting juga untuk memastikan Anda minum cukup air putih, yaitu sebanyak 8 gelas rutin setiap hari.

Namun, tidak semua orang dapat mengalami manfaat minum air hangat di pagi hari sebanyak itu, seperti orang yang memiliki kerusakan ginjal atau saluran tenggorokan. Untuk mengetahui jenis minuman dan jumlah asupan yang diperlukan setiap hari, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment