5 Cara Aman Menyambung Kabel Listrik di Rumah, Kuat dan Mudah Dilakukan

instalasi kabel listrik (istimewa)
JEMBER, beritadi.com – Pemasangan kabel yang ideal seharusnya tidak melibatkan sambungan atau dipasang secara keseluruha. Namun, dalam beberapa keadaan tertentu, mungkin ada beberapa hal yang memaksa Anda untuk melakukan penyambungan kabel listrik, tentunya dengan mengikuti prosedur instalasi listrik yang tepat dan terpercaya.

Mengapa penting untuk mengikuti prosedur? Hal ini bertujuan untuk membantu dalam menyelesaikan masalah yang rumit dengan cara yang mudah, supaya mencapai tujuan yang diinginkan.

Karena setiap tugas yang dilakukan harus selalu mengikuti prosedur dan tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Macam Sambungan Kabel Listrik

Walaupun tidak memiliki pengalaman di bidang kelistrikan, menyambung kabel sebenarnya bukanlah sesuatu yang sulit untuk dipelajari.

Dalam artikel ini mimin sudah menyiapkan beberapa teknik dan metode yang bisa digunakan untuk menghubungkan kabel listrik dengan cara yang tepat dan aman.

1. Sambungan Pig Tail

Penggunaan pig tail biasanya dilakukan untuk menghubungkan perangkat ke sistem sirkuit. Namun, teknik ini juga bisa digunakan untuk memperpanjang kabel sirkuit yang terlalu pendek dengan menggabungkan dua kabel menjadi satu. Sambungan pig tail sangat mudah dilakukan karena merupakan cara dasar untuk menyambung kabel listrik tanpa menggunakan perangkat solder.

Cara melakukannya adalah dengan menggabungkan dua ujung kabel yang telah terlepas insulasinya hingga membentuk bentuk huruf X. Kemudian, putar menggunakan jari jika kabelnya berjenis serabut, atau putar menggunakan alat bantu tang jika kabelnya berjenis tunggal.

2. Sambungan lurus (Straight)

Sambungan lurus ini sangat cocok digunakan untuk jenis kabel dengan inti yang berbentuk serabut. Untuk melakukan teknik ini, langkah pertama adalah memotong isolasi kabel sepanjang dua inci. Setelah itu, sambungkan kedua kabel dengan posisi serabut yang menyatu, kemudian ambil salah satu ujung serabut dan lilitkan dari tengah ke pinggir. Lakukan hal yang sama untuk setiap serabut sampai semua serabut meliliti sambungan kabel listrik dengan sempurna.

3. Sambungan Western Union

Metode western union digunakan untuk menghubungkan kabel listrik agar terlihat rapi, kuat, dan tidak mudah terputus secara tidak sengaja. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menghubungkan dua ujung kabel yang telah dipotong isolasinya sehingga membentuk huruf X. Kemudian, putar inti kabel hingga keduanya saling melilit satu sama lain. Terakhir, kunci sambungan kabel dengan membuat lilitan yang lebih rapat menggunakan kedua ujung inti kabel di setiap sisi.

Peralatan untuk Menyambung Kabel Listrik

Sebelum menghubungkan kabel listrik, sebaiknya kita siapkan dulu peralatan yang dibutuhkan supaya proses penghubungan kabel bisa dilakukan dengan baik dan benar. Berikut ini adalah beberapa peralatan dan barang yang perlu disiapkan saat akan menghubungkan kabel listrik.
  • Pisau cutter
  • Tang potong
  • Tang kombinasi
  • Isolasi kabel
  • Tespen

Tips Menyambung Kabel Listrik Serabut

Kabel serabut adalah jenis kabel yang bisa ditekuk dengan mudah dan sering digunakan untuk menghubungkan listrik di dalam ruangan. Jika Anda ingin menghubungkan kabel serabut, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Kupas kedua ujung kulit kabel sepanjang 2 - 3 cm.
  2. Kemudian putar masing-masing kabel serabut agar tidak berantakan.
  3. Kemudian lilitkan kedua ujung kabel secara bersamaan.
  4. Pastikan sambungan kabel sudah kuat dengan menarik kedua kabel.
  5. Selanjutnya, tutup sambungan kabel tersebut dengan isolasi.
Biasanya, jenis kabel tunggal ini sering dipakai untuk menghubungkan listrik di luar ruangan karena terbuat dari inti kawat tunggal yang kuat dan padat, sehingga cocok untuk kondisi lingkungan yang sulit. Namun, jika Anda perlu menghubungkan kabel tunggal, ikuti langkah-langkah berikut.

Tips Menyambung Kabel Listrik Tunggal

  1. Potong kedua ujung kulit kabel sepanjang 2 - 3 cm.
  2. Kemudian putar setiap serabut kabel agar tidak kusut.
  3. Lalu silangkan kedua ujung kabel tersebut.
  4. Kemudian lilitkan kedua ujung kabel bersama-sama.
  5. Lalu lipat ujung kabel.
  6. Selanjutnya, lilitkan masing-masing ujung kabel ke arah yang berlawanan.
  7. Terakhir, tutup sambungan kabel tersebut dengan isolasi.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment