Ini Bedanya Kamera CCTV Analog dan IP Camera, Kelebihan & Kekurangan

Jasa pasang CCTV berkualitas, bergaransi di Jember
JEMBER, beritadi.com – Terdapat informasi yang perlu diketahui bagi Anda sebagai pengguna camera CCTV, baik itu analog ataupun IP camera. Meski sama-sama bisa di akses lewat online internet, namun terdapat perbedaan yang perlu diketahui, silahkan baca artikel sampai selesai ya.

Riset membuktikan bahwa memasang kamera CCTV mampu meningkatkan sistem keamanan serta mencegah tindak kejahatan terhadap suatu properti yang ada di rumah, toko atau di perkantoran. Bahkan, tak jarang pula rekaman kamera CCTV dijadikan bukti atas tindak kejahatan yang pernah terjadi di suatu tempat.

Bahkan seiring perkembangan teknologi, saat ini semua jenis kamera CCTV bisa di akses lewat internet, smartphone, ois, serta komputer desktop.

Apa itu kamera CCTV?

CCTV (Closed Circuit Television) dalam bahasa Indonesia disebut televisi sirkuit tertutup. Sistem kerja CCTV yaitu menggunakan sinyal bersifat tertutup, jadi bukan seperti televisi biasa ya. Karena CCTV ini difungsikan untuk memperkuat keamanan, baik di rumah ataupun di toko.

Umumnya, CCTV bisa diartikan sebagai sebuah perangkat kamera video digital dan digunakan untuk mengirim sinyal terhadap monitor. Jadi wajar jika kamera CCTV juga kerap kali disebut sebagai kamera pengintai.

Sistem CCTV ini terdapat beberapa perlengkapan, seperti kamera, digital video recorder (DVR) serta monitor.

Semua pergerakan kamera CCTV bisa di akses lewat internet dengan syarat yaitu perangkat kamera & NVR (ip camera) atau DVR (untuk Analog Camera) terhubung langsung ke jaringan internet atau WAN (Wide Area Network).


Perbedaan serta kekurangan & keuntungannya

CCTV analog - Kamera CCTV analog camera merupakan camera CCTV yang memakai kabel Coaxial. Untuk instalasi kabel sedikit lebih “berat” dibandingkan IP Camera. Rumitnya lagi jika mempunyai kebutuhan di banyak titik maka peralatan yang diperlukan untuk mengintegrasikan sistem bisa lebih banyak.

Keuntungannya cctv analog yaitu gerakan kamera lebih bagus serta objek tampak lebih real. Bahkan untuk produk nya lebih banyak, mulai dari camera, DVR dan peralatan pendukung lainnya.

IP camera - Sedangkan untuk kekurangan IP Camera ini merupakan camera yang hanya menggunakan SD card untuk menyimpan sebuah rekaman sesuai kapasitas serta pengaturan yang diinginkan. Selain itu gerakan objek pada IP Camera akan mengalami perlambatan.

Menggunakan kabel UTP atau kabel data supaya bisa terhubung dengan jaringan. Serta IP Camera menggunakan sistem teknologi Internet Protokol yang biasa disebut protokol TCP atau IP.

Keuntungannya yaitu instalasi IP camera terbilang lebih ringkas karena kabelnya lebih sedikit. Bahkan peralatan yang diperlukan untuk instalasi pemasangan lebih sedikit.

Keduanya sama-sama menggunakan kabel yang jenisnya sama, yaitu UTP Category 5 namun harga dan serta keunggulan masing-masing akan berbeda.

Anda butuh jasa instalasi atau pasang baru CCTV? disini juga siap melayani. Jadi silahkan konsultasi gratis untuk bisa lebih tau tentang kamera CCTV ya, hubungi 082335454249, fast respon.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment