Pakai Set-Top Box, Kenapa siaran TV Digital tidak ada Sinyal?

Solusi TV digital tak ada sinyal
JEMBER, Beritadi.com – Pemerintah terus mengajak masyarakat supaya beralih dari penyiaran televisi analog ke digital, karena sinyal digital menawarkan beberapa keuntungan dibandingkan sinyal analog.

Baca Juga: Cara Pasang Set-top Box di TV Tabung dan LED dengan Mudah

Untuk menyambut program Analog Switch Off (ASO) ada banyak yang harus disiapkan. Termasuk menyiapkan alat tambahan yaitu set top box (STB) serta lokasinya sudah tersedia siaran televisi digital.

Mungkin sebagian masyarakat awam bertanya, kenapa TV digital tidak ada sinyal? Berikut rangkumannya, Jumat (16/12/2022):

Penyebab TV digital tidak ada sinyal

Siaran digital tidak ada sinyal atau program channel tidak tampil itu disebabkan banyak faktor. Selain lokasi yang kurang mendukung, kabel antena yang kurang bagus juga menjadi penyebabnya, sehingga tidak maksimal untuk menangkap sinyal siaran.

Anda juga harus memperhatikan kualitas antena yang sedang digunakan. Karena pemasangan atau arah antena yang kurang tepat menjadi penyebab sinyal siaran TV digital tidak ada. Oleh karena itu, arahkan antena dengan tepat supaya mendapat jaringan yang bagus.

Mengatasi TV digital yang tidak ada Sinyal

Menggunakan antena yang berkualitas

Ada berbagai cara menyelesaikan permasalahan tidak ada sinyal, salah satunya adalah menggunakan antena yang memiliki kualitas baik. Anda juga bisa langsung menanyakan kepada penjual atau orang yang ahli di bidang elektronik atau teknisi.

Posisi Antena

Posisi antena juga memengaruhi kemampuan perangkat mendapatkan sinyal. Hal ini penting buat yang tempat tinggalnya di tempat yang penuh dengan bangunan.

Jika arah antena bergerak sedikit, maka akan mempengaruhi kualitas sinyal yang diterima. Jadi Anda harus teliti dan paham terhadap arah antena, karena disetiap wilayah memiliki arah yang berbeda.

Masalah Kabel

Hal yang harus diperhatikan adalah ketika instalasi kabel. Apabila komponen jack atau colokan rusak karena kotor atau penyok dan tidak tersambung sempurna maka bisa membuat sinyal tidak bisa ditangkap dengan sempurna.

Setelan STB

Terkadang masalah juga bisa berasal dari setelan Set-Top Box. Setiap perangkat Set-Top Box punya setelan yang berbeda. Alangkah baiknya sebelum menggunakan baca petunjuk untuk memastikan pengaturan sudah tepat

Televisi yang sudah mendukung fitur DVB-T2 atau sudah TV digital (DTV) tinggal menambahkan antena luar untuk mendapatkan sinyal siaran digital.

Namun apabila TV masih belum support digital atau masih tabung (tv jadul) Anda harus menambahkan perangkat Set-Top Box (STB) agar bisa menonton siaran digital. Jangan lupa, pilihlah Set-Top Box yang sudah SNI dan terlisensi Kominfo.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment