Ingin Set-Top Box TV Digital Supaya Lebih Awet dan Tahan Lama? Ikuti Cara Ini!

Tips stb TV Digital lebih tahan lama
JEMBER, Beritadi.com – Peralatan elektronik cepat sekali rusak? Mungkin Anda berpikir itu terjadi dikarenakan brand elektroniknya tidak terkenal atau harganya lebih murah dibandingkan barang sejenis.

Ternyata tak selalu demikian. Karena ada banyak penyebab barang elektronik seperti Set-Top Box TV digital di rumah mudah rusak dan tidak awet.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dicoba agar Set-Top Box TV Digital Anda bisa lebih awet dan tidak mudah rusak.

1. Letakkan Set-Top Box di tempat yang kering serta tidak terkena matahari

Meskipun kering serta tidak kena sinar matahari, jangan sampai Set-Top Box berada di ruangan lembab, apalagi minim sirkulasi udara.

Karena, barang elektronik yang diletakan di ruangan gelap, lembab, dan minim sirkulasi udara, itu bisa membuatnya cepat korosi dan berjamur.

Dengan melakukan hal seperti ini, barang elektronik Anda dapat terhindar dari overheat, dan membuatnya tidak mudah cepat rusak.

Hal yang lebih penting lagi yaitu meletakan Set-Top Box di tempat yang sulit dijangkau anak-anak, karena bisa membahayakan mereka, seperti kesetrum jatuh, pecah, atau tertimpa.

2. Berikan Waktu Istirahat

Gunakan Set-Top Box sesuai kebutuhan, apabila stb TV digital dihidupkan untuk waktu yang lebih lama beri jeda waktu istirahat setidaknya setengah jam.

Jangan biarkan stb hidup (on terus) apalagi sampai ditinggal bepergian jauh hingga lupa tidak dimatikan, ini bisa berbahaya.

Jangan lupa dimatikan mesinnya, agar hawa panas setelah pemakaian, hilang dan membuat mesin tetap memiliki performa baik.

Bayangkan saja, tubuh manusia akan terasa capek setelah seharian bekerja, apalagi mesin yang bisa panas dan konslet. Namun, apabila Set-Top Box TV digital ingin awet, maka ada baiknya untuk tidak menggunakannya, secara terus menerus.

3. Pastikan arus listrik di rumah aman dan stabil

Tips berikutnya menghindari stop kontak listrik yang tidak stabil. Hal seperti ini sering disepelekan, atau memang belum paham, tips merawat alat elektronik ini, juga penting, yakni memastikan arus listrik di rumahmu tetap stabil.

Pasalnya, jika arus listrik di rumah kamu tidak stabil, maka bisa mempercepat kerusakan Set-Top Box TV digital yang posisinya sedang hidup.

Tidak hanya itu, penggunaan stop kontak juga perlu diperhatikan. Pastikan, ketika kepala kabel tercolok, harus pas, jangan sampai longgar atau kurang rapat.

Karena, hal tersebut bisa membahayakan pengguna, apalagi ketika ingin mencabutnya. Risiko kesetrum lebih besar.

Beberapa tips tersebut sebenarnya sangat sederhana dan mudah dilakukan, namun terkadang teledor sehingga set top box tidak terjaga kualitas dan terkadang cepat sekali rusak.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment