Pasang STB Digital TV Tanpa Bantuan Teknisi, Begini Caranya

Pasang stb digital sendiri di rumah dengan mudah
JEMBER, Beritadi.com – Pasang Set Top Box sendiri merupakan salah satu cara untuk menghemat uang serta bisa mengendalikan prosesnya. Mulai dari proses instalasi seperti tracking sinyal digital, mencari program channel (scan) dan lain sebagainya.

Setiap pekerjaan mungkin tampak tak biasa pada awalnya, namun sebenarnya tidak begitu. Pekerjaan tersebut bisa dinikmati sehingga memunculkan tantangan atau untuk mempelajari dan keterampilan dunia elektronik.

Berikut cara pasang Set Top Box stb digital TV yang sebenarnya bisa dilakukan oleh pemilik rumah sendiri, Jumat (23/9/2022).

Langkah awal yang harus dilakukan yaitu cek lokasinya, apakah memang peka terhadap sinyal frekuensi UHF. Apabila sudah mendapatkan informasi lokasi bisa terjangkau selanjutnya tinggal mempersiapkan beberapa peralatannya.

Untuk peralatan yang diperlukan yaitu Set Top Box (stb) TV. Disini Anda bisa membeli lewat online shop ataupun bisa langsung datang menuju toko elektronik terdekat di rumah.

Jangan lupa sekalian beli perlengkapan Antena beserta kabelnya juga mempersiapkan tiang untuk antena atas. Untuk wilayah Kecamatan Gumuk Mas Kabupaten Jember lumayan luber, hanya menggunakan antena kupu-kupu dan beli kabel ukuran 15 meter sudah aman bisa menjangkau mux Jatim-4.

Namun tidak semua lokasi bisa karena frekuensi sinyal digital wilayah Jember masih belum merata masih sekitar 60%, jadi lebih rekomendasi pakai pf Antena sekitar harga Rp 100.000 (seratus ribu).

Setelah semua peralatan sudah lengkap, selanjutnya masukan frekuensi secara manual frekuensi Trans media group (674 MHz).

Arahkan antena menghadap ke arah induk pemancar terdekat wilayah masing-masing. Di Jember sendiri biasanya lebih banyak menghadap ke arah timur agak pojok utara.

Jangan lupa, posisi tiang antena harus tegak lurus supaya bisa maksimal terhadap frekuensi.

Putar antena atas sambil pantau monitor Televisi sampai mendapatkan sinyal, akan muncul gambar Trans TV bar intensitas normal ya, harus stabil dan tidak boleh naik turun .

Lakukan pengecekan channel dengan cara scan otomatis dan pastikan channel lainnya seperti MNC Group dan Emtek group juga muncul.

Jadi sekarang Anda bisa pasang ataupun service set top box TV digital sendiri dengan mudah tanpa repot untuk mencari teknisi ya.

Apabila Anda masih belum paham ataupun takut tidak bisa mendapatkan sinyal digital, sebaiknya hubungi teknisi terdekat di rumah ya, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment

0 Response to "Pasang STB Digital TV Tanpa Bantuan Teknisi, Begini Caranya"

Posting Komentar