Apakah Anda Melakukan 4 Kesalahan Ini Saat Tracking Parabola?

gambar ilustrasi (beritadi.com)
JEMBER, Melakukan tracking parabola dengan benar – Apakah Anda termasuk orang yang hobi lock atau mencari satelit parabola? Bagus, Anda pasti sudah paham betul cara-cara efisien agar mendapatkan sinyal maksimal. Tapi tunggu dulu. Seperti disarikan dari buku Home Comforts: The Art and Science of Keeping House karya Cheryl Mendelsohn, ada beberapa kesalahan umum ketika berbenah yang ternyata sulit mendapatkan sinyal, malah tambah panik :D

Menambahkan transponder pada receiver

Saat melakukan tracking, memasukkan transponder ke receiver memang sangat diperlukan. Namun tahukah Anda, ketika menambahkan transponder yang tidak cocok maka akan terjadi kecacatan atau kegagalan. Yang perlu diperhatikan dalam dunia tracking adalah menambah transponder yang masih aktif dan sesuai dengan satelit yang dicari.

Melakukan instalasi pada receiver parabola

Sebelum melakukan instalasi, mengetahui sistem operasi pada receiver itu sangat penting. Karena jika sampai salah paham, maka akan berdampak buruk terhadap pencarian satelit parabola. Maka perhatikan dahulu jenis LNB yang digunakan, apakah itu Universal Kuband (parabola mini) atau C band (parabola jaring).


Menyambung kabel konektor antena parabola

Kabel konektor memang diperlukan, supaya antena parabola dengan receiver dapat terbubung dengan baik. Namun apa jadinya jika kabel yang digunakan ternyata tidak berfungsi tanpa sepengetahuan kita. Ini merupakan kesalahan besar, pencarian sinyal satelit pun akan terhambat hanya gara gara kabel.

Perhatikan atau cek kondisi LNB

Berbicara mengenai parabola, pasti ada kaitannya dengan LNB. Karena alat ini terletak diantara tiang fokus dan berada di titik tengah antena parabola. Namun jika tidak melakukan pengecekan fungsi dan kondisi pada LNB bisa berakibat fatal.

Posisi arah dish (antena) posisi tegak lurus

Memang benar, posisi tiang atau penyangga itu harus dalam posisi tegak lurus. Namun harus memperhatikan situasi, pastikan antena parabola bebas tanpa hambatan dan tidak terhalang apapun.

Jangan lupa perhatikan juga intensitas signal satelit, karena kuatnya intensitas menjadi penentu kelancaran tracking. Jadi jangan sampai melakukan 4 kesalahan itu ketika melakukan pencarian satelit parabola.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment

0 Response to "Apakah Anda Melakukan 4 Kesalahan Ini Saat Tracking Parabola?"

Posting Komentar