Siti Rahmani Rauf, Pencipta Kalimat "ini Budi" (1919-2016)

Nenek legenda pencipta ini ibu Budi
JEMBER, Beritadi.com – Siti Rahmani Rauf merupakan seorang pendidik sekaligus penulis ini lahir pada lahir 5 Juni 1919 di Kota Padang, Sumatera Barat. Saat itu beliau pernah menjabat Kepala Sekolah Dasar (SD) di Tanah Abang 5, Jakarta Pusat.

Dulu ketika masih Sekolah Dasar (SD), setiap hari kita sering belajar membaca Budi dan Ani. Bahkan setiap buku pelajaran, nama tersebut hampir ditemukan, terutama pelajaran Bahasa Indonesia.

Saat itu Bahasa Indonesia (BI) menjadi pelajaran terfavorit bagi siswa SD, karena metode belajarnya menggunakan alat peraga, atau biasa disebut dengan Struktur Analitik Sintesis (SAS). Sehingga dengan mudah membantu para murid menjadi lebih cepat bisa membaca.

Hampir seluruh Nusantara menggunakan buku peraga. Hingga pada era 1980-1990an kalimat "Ini Budi, ini ibu Budi, ini bapak Budi" ini menjadi terkenal pada masanya.

Mengutip dari ayobandung.com, diketahui bahwa beliau mulai mengajar sebagai guru sejak tahun 1937 dan mulai mengerjakan buku tersebut pada awal tahun 1980an. Ketika itu beliau ini ditawarkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Foto: istimewa

Tawaran itu diterima setelah ia pensiun sebagai Kepala Sekolah SDN Tanah Abang 5, Jakarta Pusat, pada tahun 1976. Bahkan, tawaran tersebut ia terima tanpa meminta bayaran sepeserpun, itupun dilakukan semata-mata karena kecintaannya pada dunia pendidikan.

Beliau menutup usia di Jakarta,10 Mei 2016 pada umur 96 tahun. Meskipun kini beliau telah tiada namun warisan nya telah menghantarkan berjuta anak bangsa menjadi orang yg berhasil lewat kemampuanya membaca dan menulis.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment