Ternyata, Kafein Dapat Mencegah Kenaikan Berat Badan

Kafein dapat mencegah obesitas, Foto: shutterstock
JEMBER, Beritadi.com – Sebuah studi University of Illinois Amerika Serikat, menyebutkan bahwa mengkonsumsi kafein dapat mengimbangi beberapa konsekuensi yang tidak sehat dari diet yang memicu obesitas.

Eksperimen para ilmuwan ini menggunakan tikus sebagai bahan uji coba dengan memberikan ekstrak kafein dari teh pasangan dan teh pasangan tanpa kafein lainnya.

Efek anti-obesitas serupa di antara tikus yang mengonsumsi kafein sintetis atau kafein yang diekstrak dari kopi .

Dengan mempelajari sel-sel tikus, para ilmuwan menemukan bahwa kafein memberikan beberapa efeknya dengan mengubah ekspresi gen tertentu.

Prof. Elvira Gonzalez de Mejia, selaku Direktur Ilmu Nutrisi di universitas, menyebutkan bahwa, mengkonsumsi kafein dapat mengimbangi beberapa konsekuensi yang tidak sehat dari diet yang memicu obesitas.

"Kafein dapat melawan kenaikan berat badan akibat diet tinggi lemak dan gula," tuturnya.

Menurutnya, minuman teh dan kopi menjadi alternatif populer karena reputasinya sebagai pelindung terhadap infeksi, obesitas, diabetes, dan kondisi kardiovaskular.

Kegemukan dan obesitas merupakan faktor risiko utama untuk banyak kondisi kesehatan kronis, termasuk diabetes tipe 2 , penyakit hati berlemak, dan penyakit kardiometabolik.

"Hasil penelitian ini dapat ditingkatkan untuk manusia untuk memahami peran teh pasangan dan kafein sebagai strategi potensial untuk mencegah kelebihan berat badan dan obesitas, serta gangguan metabolisme berikutnya yang terkait dengan kondisi." tandasnya.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment