Menstruasi: Peristiwa Alami Dalam Kehidupan Wanita

FOTO: Ilustrasi perempuan, shutterstock
JEMBER, Beritadi.com – Menstruasi merupakan peristiwa dalam siklus kehidupan wanita, biasanya terjadi pada anak perempuan selama tahap remaja yang dimulai pada usia 12 tahun. Hal tersebut mencerminkan awal periode pubertas pada wanita.

Saat mengalami menstruasi, gadis-gadis remaja mengalami perubahan berbeda yang terjadi pada mereka, baik secara fisik dan psikologis. Siklus normalnya berlangsung selama 3 hingga 5 hari yang terjadi setelah lama 28 hari dalam rentang normal.

Gejala yang tidak menyenangkan seperti kram, migrain, sakit perut, kekecewaan, nyeri payudara dll terjadi selama menstruasi. Meskipun gejalanya hanya sebentar, namun menstruasi membantu dalam proses membersihkan dan memurnikan tubuh wanita dari kelebihan racun dan limbah.

Siklus menstruasi dapat bervariasi dari satu wanita ke wanita lainnya. Beberapa wanita mungkin mengalami siklus menstruasi yang normal sementara yang lain mungkin mengalami beberapa komplikasi dalam siklus normal menstruasi.

Menstruasi dengan demikian menggambarkan kapasitas reproduksi normal pada wanita. Peristiwa menstruasi alami ini yang umumnya terjadi selama masa pubertas hampir berlangsung sampai seorang wanita mencapai tahap menopause. Dengan demikian, menopause adalah tahap kehidupan wanita ketika seseorang mengalami penghentian dan berhentinya menstruasi. Ini umumnya terjadi ketika dan ketika wanita mencapai usia 45 tahun di dasar normal. Menopause menghentikan masa subur dalam kehidupan wanita.

Menstruasi mengubah seorang gadis menjadi seorang wanita sehingga memungkinkan mereka untuk mengembangkan prospek kesuburan.

Menstruasi merupakan sistem perdarahan bulanan, umumnya mengalir keluar dari rahim yang terhubung dengan serviks melalui lubang kecil tertentu ke vagina. Selama menstruasi, berbagai bagian tubuh wanita terlibat seperti kelenjar pituitari, saluran tuba, otak, leher rahim, rahim, ovarium dan yang paling penting adalah vagina. Bahkan selama periode menstruasi, hormon dalam tubuh wanita mengalami naik dan turun yang bervariasi.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment