5 Manfaat Tak Terduga Buah Pisang untuk Kesehatan

Foto: Buah pisang, shutterstock
JEMBER, Beritadi.com – Tahukah anda, buah pisang bukan hanya rasanya saja yang lezat, namun kandungnya juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dalam masyarakat modern, ada banyak orang yang menderita penyakit pencernaan, penyakit kulit, sembelit, wasir, dan masalah fisiologis lainnya.

Pada saat yang sama, mereka mungkin juga memiliki beberapa masalah psikologis yang umum, seperti depresi. Untuk menghadapi kasus itu, anda bisa mengatasinya dengan cara konsumsi buah pisang sebagai makanan tambahan setiap hari. Dengan demikian, secara tidak sengaja cara tersebut dapat membantu mereka dalam memecahkan masalah.

Secara umum, pisang memiliki lima kaya manfaat kesehatan sebagai berikut:

1. Dapat mencegah dan mengobati maag gastrointestinal
Pasien yang menderita ulkus gastrointestinal sering menggunakan fenilbutazon, yang selalu menyebabkan perdarahan lambung. Pisang mengandung zat kimia yang dapat mencegah tukak lambung. Hal ini dapat merangsang pertumbuhan dan reproduksi sel mukosa lambung, dan menghasilkan lebih banyak selaput lendir untuk melindungi perut.

2. Menyembuhkan pruritus
Kulit pisang ternyata mengandung zat kimia tertentu yang dapat menghambat perkembangbiakan bakteri dan jamur. Percobaan telah menunjukkan bahwa, kulit pisang dapat menyembuhkan pruritus dan beri-beri yang disebabkan oleh jamur atau bakteri, dan efeknya sangat baik.

3. Mengobati hipertensi
Untuk pasien yang menderita hipertensi atau penyakit kardiovaskular dan serebrovaskular, seringkali ada terlalu banyak natrium tetapi kekurangan kalium dalam tubuh mereka. Kalium memiliki efek menghambat kerusakan yang disebabkan oleh natrium pada kardiovaskular. Sementara pisang mengandung banyak kalium, jadi makan pisang dapat menjaga keseimbangan antara natrium dan kalium, serta keseimbangan asam-basa dalam tubuh manusia. Akibatnya, sangat bermanfaat bagi pasien yang menderita hipertensi atau penyakit kardiovaskular dan serebrovaskular.

4. Mencegah dan mengobati depresi
Pisang mengandung zat yang bisa membantu otak memproduksi 6-serotonin, sehingga membuat orang menjadi bahagia, lincah dan ceria. Jika menderita depresi, Anda dapat makan lebih banyak pisang dalam kehidupan sehari-hari. Karena hal ini dapat membantu menghilangkan depresi, menghilangkan emosi pesimistis dan mudah tersinggung.

5. Membantu menurunkan berat badan
Karena tingginya kandungan pati dalam pisang, maka anda akan mudah merasa kenyang setelah mengonsumsi pisang. Selain itu, perlu beberapa saat bagi pati untuk berubah menjadi karbohidrat dalam tubuh, sehingga tidak akan menyebabkan akumulasi panas yang berlebihan. Dari perspektif ini, pisang dapat diambil sebagai pilihan yang sangat baik untuk makanan diet.

Selain itu, pisang juga mengandung vitamin A, yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia, serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, dan menjaga kesehatan mata.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment