Rajin Sikat Gigi: Jantung Sehat, Nafas Terasa Segar Sepanjang Hari

ilustrasi gambar istimewa (shutterstock)
JEMBER, Beritadi.com – Selain menjaga kesehatan gigi, rutin menyikat gigi setiap hari mampu menghilangkan rasa bau di mulut. Bahkan dokter umum selalu menyarankan untuk menyikat gigi selama dua hingga tiga menit.

Bukan durasinya saja, namun frekuensinya juga diperlukan dan itu penting sekali. Jika mempertahankan kesehatan mulut dengan baik, akan menjadi kunci untuk kesehatan jantung kita.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, penelitian Ewha Women's University di Seoul, menyatakan bahwa rajin menyikat gigi atau lebih dari satu kali, pada pagi hari dan di malam mampu mengurangi risiko gagal jantung serta risiko atrial fibrilasi hingga lebih dari 10%.

Data itu, juga menyertakan perincian tentang tinggi badan, berat badan, pilihan gaya hidup, dan penyakit apa pun yang pernah mereka derita sebelumnya.

Menyikat gigi menurunkan risiko gagal jantung sebesar 12%

Menyikat gigi tiga kali atau lebih sehari dikaitkan dengan kemungkinan 10% lebih rendah untuk mengembangkan fib-serat dan risiko gagal jantung 12% lebih rendah.

Faktor pemicunya adalah usia, jenis kelamin, status sosial ekonomi, aktivitas fisik, asupan alkohol, indeks massa tubuh, dan kondisi hidup berdampingan lainnya.

Perawatan atau menjaga kebersihan mulut dikaitkan dengan penurunan risiko fibrilasi atrium dan gagal jantung. Kebersihan mulut yang lebih sehat dengan seringnya menyikat gigi dan pembersihan gigi profesional dapat mengurangi risiko fibrilasi atrium dan gagal jantung.

Penulis ini juga menuturkan bahwa, penelitian ini terbatas dan tidak dapat menjelaskan penyebab.

"Penelitian ini juga terbatas karena hanya melihat orang yang tinggal di satu negara, sehingga hasilnya mungkin tidak dapat digeneralisasikan," katanya.

Meskipun demikian, kata penulis senior studi itu, "Kami mempelajari kelompok besar dalam jangka waktu lama, yang menambah kekuatan pada temuan kami." pungkasnya.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment

0 Response to "Rajin Sikat Gigi: Jantung Sehat, Nafas Terasa Segar Sepanjang Hari"

Posting Komentar