Catat! Berikut Wilayah yang Dilewati Gerhana Matahari Cincin, Kelilingi Langit Indonesia 26 Desember

Gambar gerhana matahari, ilustrasi istimewa
JEMBER, Beritadi.com – Gerhana Matahari terjadi ketika bulan berada segaris dengan bumi dan matahari, serta bulan berada pada titik terjauh dengan bumi. Fenomena langka itu akan mengelilingi langit Indonesia pada bulan Desember ini, tepatnya Kamis (26/12/2019).

Sebelumnya, gerhana matahari cincin terakhir terjadi pada 26 Februari 2017. Sementara itu, gerhana pada 2019 dapat diamati dari wilayah Indonesia.

Lokasi yang paling ideal untuk menyaksikan Gerhana Matahari Cincin adalah wilayah Kabupaten Siak, Riau. Selain Kabupaten Siak, masyarakat Indonesia juga bisa mengamati momen Gerhana Matahari Cincin di wilayah tertentu.

Dikutip dari situs gerhanamatahari.id milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Gerhana Matahari Cincin dipredikasi akan dimulai pukul 12.15 WIB, memasuki fase puncak pada pukul 12.17 WIB, dan berakhir pada pukul 12.19 WIB.

Gerhana Matahari Cincin hanya bisa disaksikan di beberapa wilayah saja. Sementara wilayah lain di Indonesia hanya akan menikmati Gerhana Matahari Sebagian sekitar tengah hari dan tergantung lokasi pengamatan.

Misalnya, di daerah Sumatera Selatan mencapai 80 persen, sedangkan di Pulau Jawa mencapai 70-80 persen.

Sementara itu, wilayah lain di Indonesia dapat melihat gerhana sebagian dengan porsi tertutupnya Matahari hingga paling sedikit 20 persen di wilayah selatan Papua.

Di Bandung, bulan menutupi 70 persen permukaan matahari dan untuk wilayah Jakarta Gerhana Matahari Sebagian mencapai sekitar 72 persen.

Dilansir Tribunnews.com dari LAPAN, inilah daftar wilayah yang akan dilewati jalur Gerhana Matahari Cincin pada 26 Desember mendatang


1. Sumatera Utara
- Sibolga
- Padang Sidempuan

2. Riau
- Siak
- Duri
- Pulau Pedang
- Pulau Bengkalis
- Pulau Tebing Tinggi
- Pulau Rangsang

3. Kepulauan Riau
- Batam
- Tanjung Pinang
4. Kalimantan Barat

- Singkawang

5. Kalimantan Utara
- Makulit
- Tanjung Selor

6. Kalimantan Timur
- Berau
- Pulau Tebing Tinggi
- Pulau Rangsang

3. Kepulauan Riau
- Batam
- Tanjung Pinang

4. Kalimantan Barat
- Singkawang

5. Kalimantan Utara
- Makulit
- Tanjung Selor

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment