Antisipasi Demam Berdarah, Kepala Desa Semboro Fogging Puluhan Rumah Warga

Pengasapan di Desa Krajan, Semboro, Jember
JEMBER, Beritadi.com – Memasuki musim hujan sejak bulan Desember ini sebagian besar penyakit Demam berdarah dengue (DBD) mewabah di Kabupaten Jember. Untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran DBD, pemerintah desa melakukan fogging (pengasapan) di Dusun Krajan, Umbulsari, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Pada bulan November kemarin, tercatat sudah 2 warga masyarakat terserang demam berdarah di wilayah tersebut.

Hal ini yang membuat pemerintah desa semboro kecamatan semboro kabupaten jember, melakukan kegiatan pengasapan atau fogging kepada daerah rawan DBD.

"Kami melakukan fogging untuk mengantisipasi supaya tidak ada warga yang terkena DBD. Sebab pada bulan sebelumnya ada warga yang terkena DBD di daerah ini," terang Antoni, selaku Kepala Desa Semboro, dilansir pojokpitu.com.

Penyakit demam berdarah memang menjadi momok yang menakutkan bagi setiap manusia, jika tak ditangani secara benar, atau terlambat mendapat pertolongan maka nyawa pun akan melayang akibat terserang penyakit tersebut.

Antoni menambahkan bahwa, pengasapan yang dilakukan terpaksa secara mandiri. "Sebelumnya sudah meminta kepada pihak kecamatan melalui puskesmas namun tidak di respons," imbuhnya.

"Padahal perode november saja sudah ada dua warga yang terkena penyakit demam berdarah, yakni satu orang dewasa dan satu balita," ujar Antoni.

Perlu diketahui pula bahwa pengasapan atau fogging ini dilakukan di RW 06 Dusun Krajan yang merupakan daerah terdampak DBD, ada sekitar 35 rumah dengan jumlah seratus lebih warga.

"Fogging mandiri ini dilakukan atas keinginan warga yang khawatir dengan wabah demam berdarah," katanya.

Pihak desa juga menghimbau agar masyarakat tetap menjaga kebersihan dan menerapkan 3 M , Menguras, Mengubur dan Menutup. Sehingga kejadian luar biasa wabah demam berdarah yang tahun 2015 merenggut enam nyawa di Kabupaten Jember tidak terulang kembali.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment

0 Response to "Antisipasi Demam Berdarah, Kepala Desa Semboro Fogging Puluhan Rumah Warga"

Posting Komentar