Kreatif, Siswi SMK PGRI Telagasari Ciptakan Generator Tenaga Surya, Tanpa BBM

Ide kreatif siswa SMK PGRI Telagasari / Foto : Istimewa
KARAWANG, Beritadi.com – Sejumlah siswi SMK PGRI Telagasari Kabupaten Karawang, Jawa Barat, yang tergabung dalam Tim Sangkuriang ini menuai respon positif dan diacungi jempol.

Ide kreatif pelajar muda ini mampu menciptakan generator tenaga surya tanpa harus menggunakan BBM, jadi generator itu sangat cocok dipakai di wilayah yang belum teraliri listrik.

Tanpa gunakan BBM, generator ini bisa menyuplai kebutuhan listrik rumah tangga selama delapan jam. Serta mampu untuk lima buah lampu, kulkas, tv dan kipas angin.

Generator dipicu oleh listrik dari panel surya, jadi untuk mendapatkan listrik para siswa ini memanfaatkan tenaga matahari atau solar cell yang melimpah di alam terbuka.

Seperti yang lansir dari detik.com, Meidy, siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak yang juga tergabung dalam Tim Sangkuriang itu menuturkan, generator bertenaga surya tersebut mampu menghasilkan listrik sebesar 1.300 watt. Listrik sebesar itu bisa tersalur berkat sebuah panel surya berkekuatan 20 watt.

"Panel surya bisa diletakkan di atas generator atau dipasang di atap rumah, panel ini harus menampung sinar matahari selama 2 jam," tuturnya, Senin (11/11/2019).

Wakil Kepala SMK PGRI Telagasari, Yayan Sofyan, juga menuturkan bahwa Tim Sangkuriang menyabet juara satu lomba Toyota Eco Youth ke-10. "Melalui alat ini, siswa kami meraih predikat Best of The Best untuk kategori science," kata Yayan.

Selanjutnya, dengan bantuan Pemkab Karawang, pihaknya sedang mengurus hak cipta yang ditargetkan selesai secepatnya.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment

0 Response to "Kreatif, Siswi SMK PGRI Telagasari Ciptakan Generator Tenaga Surya, Tanpa BBM"

Posting Komentar