Selain APLI, Ada AP2LI yang Merupakan Asosiasi Penjualan Langsung di Indonesia, Kapolres: Semoga Keduanya Amanah dan Tidak Disusupi Perusahaan Money Game

Tim Cobra Polres Lumajang, Foto: Istimewa
LUMAJANG, Beritadi.com – Ternyata, selain APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia) masih ada AP2LI (Asosiasi Perusahaan Penjualan Langsung Indonesia) yang juga merupakan salah satu asosiasi penjualan langsung di Indonesia.

Keduanya memiliki tugas untuk memverifikasi calon anggota serta mengawasi dan membina anggota asosiasinya.

Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH SIK MM MH menyatakan, dirinya tidak ingin ada asosiasi yang menjadi sarang money games.

AP2LI adalah asosiasi tempat berhimpunnya perusahaan yang bergerak di bidang industri penjualan langsung (direct selling) dan penjualan berjenjang (multi level marketing) di Indonesia.

Untuk perusahaan penjualang langsung boleh memilih asosiasi yang mereka ingin masuki apakah APLI atau AP2LI, nanti asosiasi tersebutlah yang melakukan verifikasi kepada perusahaan tersebut.

"Karena perusahaan-perusahaan money games pasti lebih memilih asosiasi yang dianggapnya mudah untuk mereka atur dan kondisikan. pada akhirnya masyarakat yang akan dirugikan" tegasnya Arsal.

saya harap, lanjut Arsal, Deperindag perlu melakukan pengawasan kepada asosiasi APLI maupun AP2LI dalam melakukan tugasnya. "Bagi asosiasi yang terbukti mudahn disusupi oleh perusahaan money games berarti mereka bekerja tidak benar dan tidak amanah sehingga dapat dilakukan tindakan kepada asosiasi tersebut sampai kepada pembekuan asosiasnya," Katanya.

"Semoga kedua asosiasi tersebut amanah untuk menjaga agar tidak disusupi oleh perusahaan nakal yang biasa menjalankan sistem money games” pungkas pria yang menyelesaikan gelar S3 di Universitas Padjajaran di Kota Bandung tahun 2010 tersebut.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment