Peringati Hari Pahlawan 10 November, Tim Cobra Polres Lumajang Launching Film "Lumajang Membara"

AKBP DR M Arsal Sahban mempersembahkan film Lumajang Membara
LUMAJANG, Beritadi.com – Dalam memperingati Hari Pahlawan yang jatuh tepat pada tanggal 10 November, Polres Lumajang menggelar Gala premier Film Lumajang Membara. Sebuah aksi heroik yang menceritakan Iptu Jama’ari dalam merebut kemerdekaan di Lumajang, Jawa Timur.

Sebagai persembahan untuk para pahlawan kemerdekaan, Iptu Jamaari diperankan langsung oleh Kapolres Lumajang AKBP DR M. Arsal Sahban, SH, SIK, MM, MH.

Pemutaran perdana yang dilaksanakan di mopic cinema menarik banyak penonton, ada sekitar 250 penonton yang sangat antusias menantikan film tersebut, bahkan ada juga penonton yang datang dari probolinggo dan Jember.

Pemutaran film "Lumajang Membara" juga di hadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Lumajang sebagai wujud mengenang para pahlawan yang gugur karena mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH SIK MM MH selaku pemeran Iptu Jama’ari mengungkapkan “film ini saya persembahkan untuk para pahlawan yang telah berjasa merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan Penjajah. Tanpa mereka, kita tidak akan dapat seperti saat ini.” terang Arsal, Sabtu 09/11/2019).

“Dengan penayangan film ini, saya harap masyarakat Lumajang bisa mengenal dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang mengorbankan nyawanya untuk kemerdekaan Indonesia. Untuk mengenang Iptu Jamaari, telah dibuatkan tugu di Desa Tumpeng. Setiap tahun kami dari Polres Lumajang selalu ziarah ketugu tersebut untuk mendoakan Arwah Iptu Jama’ari dan para pahlawan lainnya yang ada dilumajang” ujar Arsal

Bupati Lumajang H Thoriqul Haq mengungkapkan “saya merasa terharu melihat film ini, karena dengan penayangan film ini sangat bermakna bagi masyarakat Lumajang. kenapa bisa demikian, karena dengan diangkatnya cerita perjuangan ini kita bisa meneladani jasa-jasa para pahlawan yang telah mendahului kita dan bisa mengisi kemerdekaan dengan nilai-nilai yang positif” ungkap cak Thoriq sapaan khas Bupati Lumajang.

Wakil Bupati Indah Amperawati pun turut mengungkapkan kekagumannya “saya berharap banyak generasi muda yang tidak melupakan jasa para pahlawan yang sudah susah payah memerdekakan Indonesia. Saya berterima kasih juga kepada Kapolres Lumajang yang telah menghidupkan kembali nama pahlawan dari Lumajang dan mengangkatnya kedalam film yang dapat menjadi pembelajaran tentang sejarah kepahlawanan di Lumajang” pungkas ibu Indah.

Iptu Jama’ari sendiri adalah seorang anggota Mobrig (sekarang Brimob) yang dalam usahanya mempertahankan kemerdekaan Indonesia, harus gugur bersama beberapa orang anggotanya di sekitaran Monumen Perjuangan desa Tumpeng Kabupaten Lumajang.

Pada 13 November 1947, Iptu Jam'ari bersama dengan 18 anggotanya, terlibat pertempuran sengit mempertahankan kemerdekaan Indonesia, melawan penjajah Belanda di sekitaran Desa Tumpeng, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Pertempuran tidak seimbang tersebut, mendesak Jama'ari dan pasukannya hingga kehabisan peluru. Namun api kemerdekaan masih tetap berkobar di hati dan jiwa para pejuang Indonesia tersebut. Bersenjatakan parang serta sangkur yang mereka bawa, para pejuang bertempur habis-habisan tanpa memikirkan desingan peluru yang mengarah pada mereka.

Sempat menghambisi 10 orang musuh dengan parangnya, akhirnya Iptu Jama'ari pun harus roboh setelah dadanya diterjang oleh peluru lawan. Dia gugur bersama 17 pejuang lain di medan pertempuran.

Jasad Iptu Jama'ari dirusak dan dibuang ke parit di pertigaan Desa Tumpeng, yang kini telah berdiri tugu Perjuangan Polri, untuk mengenang jasa para pahlawan yang dengan gigihnya mempertahankan kemerdekaan.

20 orang pejuang yang lain berhasil ditangkap dan ditahan oleh pihak Belanda, sedangkan sisanya berhasil melarikan diri ke arah Desa Pasrujambe, untuk selanjutnya kembali bergrilya di tempat tersebut.



video cuplikan film "Lumajang Membara"

video proses pembuata film

video gala premiere/pemutaran film perdana "lumajang membara"

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment