Hari Kesehatan Nasional 2019, Dokter ini Curhat Manfaat Kopi

dr Wachyudi Muchsin SH. Foto: Istimewa
JEMBER, Beritadi.com – Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang telah dibudidayakan oleh beberapa negara, termasuk Indonesia. Kopi yang dikonsumsi tanpa campuran gula ataupun susu, tersimpan antioksidan tinggi dan beberapa nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti riboflavin (vitamin B2), asam pantotenat (vitamin B5), mangan, kalium, natrium, magnesium, dan niacin (vitamin B3).

Namun, bagi yang menderita tekanan darah tinggi, penyakit tiroid, penyakit asam lambung, kolesterol tinggi, gangguan tidur, atau sedang hamil, tidak boleh mengkonsumsi yang berlebihan.

Banyak orang konsumsi kopi hanya sebagai penambah semangat dipagi hari, ataupun pengusir kantuk. Padahal, banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa kopi juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan,” ujar dr Wachyudi Muchsin SH di hari pelaksanaan Hari Kesehatan Nasional.

Seperti yang telah dilansir terkini.id,Wachyudi juga menyampaikan, sejumlah studi menunjukkan bahwa orang yang rutin minum kopi 2-3 cangkir kopi sehari memiliki risiko lebih rendah mengalami penyakit serius, seperti diabetes tipe 2, kanker, penyakit jantung, penyakit Parkinson, dan gangguan hati.

“Kopi hitam tanpa gula merupakan salah satu minuman yang mengandung kalori dalam jumlah yang amat rendah,” curhatnya.

Wachyudi menambahkan bahwa, kandungan kafein dalam minuman ini mampu mempercepat metabolisme dan membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh.

"Oleh karena itu, kopi dipercaya bermanfaat untuk membantu menjaga tubuh tetap langsing,” ucapnya.

Perlu diketahui, dari berbagai manfaat kopi yang dr Wachyudi uraikan masih membutuhkan penelitian lanjutan guna menguatkan bukti-bukti yang ada.

“Bagi yang menderita tekanan darah tinggi, penyakit tiroid, penyakit asam lambung, kolesterol tinggi, gangguan tidur, atau sedang hamil, tidak boleh terlalu berlebihan konsumsi," jelasnya

"Sebelumnya konsumsi kopi diharuskan berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui batasan aman konsumsinya. Kopi boleh pahit hidup kita jangan. Salamaki tapada salama,” pungkasnya.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment

0 Response to "Hari Kesehatan Nasional 2019, Dokter ini Curhat Manfaat Kopi"

Posting Komentar