Unik, Fotocopy di Jember Terima Bayaran Dengan Sampah

Tempat fotocopy di Jember beri layanan pembayaran dengan sampah
JEMBER, Beritadi.com Salah satu fotocopy yang ada di wilayah Jember beri pelayanan dengan bayaran berkas sampah. Foto kopi ini berada di Jalan Kalimatan 4, Kelurahan Tegalboto Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Dilansir dari kradiojember, tempat fotocopy yang berada di kawasan Kampus Tegal Boto ini sudah berdiri cukup lumayan lama.

Uniknya, sejak enam bulan terakhir ini tempat fotokopi tersebut menerima metode pembayaran dengan sampah.

Nampak seorang wanita sedang menimbang barang-barang bekas dalam kresek besar kemudian mencatatnya. Wanita tersebut terlihat ramah melayani masyarakat yang hendak memfotokopi dokumen mereka.

Namanya Meliana, seorang karyawan pemilik fotokopi unik ini. Dengan cekatan, Meliana melayani masyarakat untuk menggunakan jasa fotokopi-annya. Dengan senang hati, dirinya menerima barang bekas yang dibawa masyarakat, seperti botol sampah, kertas bekas, kardus atau pun barang bekas lainnya sebagai alat pembayaran jasanya.

Untuk kertas dihargai Rp.1.500 per kilogram, botol bekas berlabel Rp.3000 dan tidak berlabel bisa mencapai Rp. 6.000 per kilogram. Selain bisa ditukar dengan jasa pembayaran foto kopi, hasil sampah juga bisa ditabung.

Meliana menjelaskan, kebanyakan yang menggunakan jasa pembayaran dengan sampah ini adalah mahasiswa dan siswa, kadang juga masyarakat.

"semoga dengan menerapkan pembayaran dengan sampah ini dapat mengedukasi masyarakat agar lebih memiliki rasa cinta terhadap lingkungan," ucapnya.

Meliana menambahkan bahwa sebenarnya sampah masih memiliki nilai ekonomi jika masyarakat bisa memilah sampah, seperti menjadi alat pembayaran jasa foto copy di tempatnya ini.

Barang bekas yang berhasil dikumpulkan di tempat fotocopy ini nantinya akan dijual ke pengepul. Namun untuk plastik dan kertas akan disalurkan kepada sejumlah pengerajin di Jember.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment

0 Response to "Unik, Fotocopy di Jember Terima Bayaran Dengan Sampah"

Posting Komentar