Selain Alternatif, Metode Pengobatan Rumahan ini Mampu Untuk Atasi Menstruasi

FOTO: ILUSTRASI perempuan sedang alami menstruasi
JEMBER, Beritadi.com – Menstruasi adalah istilah yang digunakan untuk siklus bulanan alami periode dalam setiap tubuh perempuan. Periode adalah ketika telur yang tidak dibuahi dikeluarkan dari sistem reproduksi bersama dengan darah dan beberapa sel jaringan lainnya.

Meskipun aliran ini terjadi sebulan sekali, namun kecemasan saat menstruasi umumnya dapat berlangsung selama tiga hari.

Sistem reproduksi wanita memang luar biasa karena setiap bulan ovarium menghasilkan satu telur yang disimpan di tuba fallopi. Dinding rahim yang dikenal sebagai endometrium menebal dan ada peningkatan sirkulasi darah di seluruh sistem reproduksi.

Ini semua merupakan proses dalam persiapan kehamilan. Namun, jika wanita itu tidak hamil, maka semua hal ini perlu dikeluarkan dari tubuh. Setelah pengusiran selesai, ovarium menghasilkan telur baru dan siklus berlanjut untuk satu bulan lagi.

Wanita mungkin menghadapi beberapa kesulitan selama aliran menstruasi mereka. Ada peningkatan kelembaban di area vagina, dan mungkin ada infeksi. Wanita bisa mengalami demam, rasa sakit yang hebat di daerah selangkangan, pusing, mual dan muntah, dll. Pada beberapa wanita efeknya lebih agresif daripada yang lain. Dan hal yang paling mengkhawatirkan adalah gejalanya bisa berulang bulan demi bulan. Istilah biologis untuk masalah menstruasi adalah dismenore.

Dalam Ayurveda, menstruasi (yaitu aliran periode menstruasi) dianggap sebagai kelebihan pitta yang mengalir keluar dari tubuh. Ini disebut sebagai Raja. Karenanya aliran menstruasi juga disebut sebagai Raja Pravritti. Meskipun menstruasi adalah fenomena pitta, efek pada vata dan kapha juga terlihat. Beberapa wanita yang mengalami insomnia dan perubahan suasana hati selama menstruasi, ini adalah perusakan vata.

Herbal yang Berguna dalam Pengobatan Menstruasi

A. Asafetida (Ferula fetida)
Asafetida diketahui meningkatkan sekresi hormon wanita, progesteron. Karena itu memfasilitasi menstruasi. Menggunakan permen karet asafetida yang digoreng dalam ghee dan dicampur dengan susu kambing dan sesendok madu selama sebulan dapat mengurangi rasa sakit saat menstruasi dan juga membuat aliran berkurang.

B. Asoka (Saraca indica)
Kulit pohon asoka diberikan kepada wanita yang mengalami kehilangan darah yang ekstrem selama menstruasi karena keputihan atau fibroid rahim. Tumbuhan memiliki efek stimulasi pada dinding rahim dan lapisan lendir di saluran reproduksi.

C. Bambu (Bambusa bambos)
Bambu bertindak sebagai emmenagog yang merangsang menstruasi. Daunnya diresepkan untuk tujuan ini. Konsumsi teratur daun bambu ditentukan untuk mempromosikan dan mengatur aliran menstruasi.

D. Bloodwort (Achillea millefolium)
Infus panas daun bloodwort diambil sebagai emmenagog. Ramuan ramuan dapat memperbaiki periode yang tidak teratur. Rempah juga menghasilkan minyak yang dapat digunakan dalam pengobatan gangguan reproduksi wanita.

E. Chicory (Chichorium intybus)
Biji sawi putih disiapkan menjadi ramuan untuk mengobati masalah menstruasi yang terhambat.

F. Dill (Anethum sowa)
Ramuan harum ini efisien dalam merangsang siklus menstruasi. Ini membantu wanita yang mengalami menstruasi terlambat untuk mendapatkan menstruasi tepat waktu. Gadis muda yang anemia cenderung mengalami menstruasi spasmodik, yang bisa sangat menyakitkan. Ramuan dill disiapkan dengan daun peterseli untuk mengatasi masalah tersebut.

G. Jahe (Zingiber officinale)
Iklim dingin kadang-kadang dapat menyebabkan periode menyakitkan dan tidak teratur. Infus jahe yang dimaniskan dengan gula diambil untuk memperbaiki masalah tersebut.

H. Henna (Lawsonia alba)
Henna adalah agen pendingin. Supositoria daunnya dibuat dan ditempatkan di vagina untuk wanita yang memiliki masalah menstruasi berlebihan.

I. Hermal (Peganum harmala)
Hermal adalah ramuan yang sedikit diketahui, tetapi dalam Ayurveda itu diresepkan secara teratur untuk masalah menstruasi seperti menstruasi yang menyakitkan dan menstruasi yang tidak teratur.

J. Lidah Buaya India (Aloe vera)
Lidah India adalah stimulan uterus. Karena itu diberikan dalam kasus-kasus menstruasi yang menyakitkan.

K. Spikenard India (Nardostachys jatamansi)
Jatamansi adalah ramuan India yang sangat populer digunakan dalam pengobatan periode menyakitkan dan tidak teratur.

L. Rumput Lemon (Cymbopogon citratus)
Rumput lemon digunakan dalam menstruasi yang menyakitkan dan sulit. Dapat diambil dalam bentuk teh.

Perawatan Diet untuk Menstruasi

Kiat-kiat diet berikut ini bermanfaat bagi wanita yang mengalami periode nyeri atau tidak teratur:

1. Hindari semua makanan sembelit, terutama di minggu terakhir siklus menstruasi. Ini termasuk makanan yang digoreng, makanan asam dan kacang-kacangan kaya protein.

2. Ikan adalah indikasi diet yang baik untuk periode menyakitkan. Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang membantu meredakan kejang saat menstruasi. Daging, unggas, dan produk susu harus dihindari.

3. Di antara sayuran, labu putih, pepaya, stik drum, labu ular, labu pahit dan mentimun baik untuk dismenore. Kentang, labu kuning, dan terong harus dihindari.

Perawatan Ayurvedic untuk Menstruasi

Kumari adalah obat pilihan untuk masalah menstruasi dalam Ayurveda. Ini tidak lain adalah tanaman lidah buaya. Ini diambil dalam bentuk Kumarasava dalam dosis enam sendok teh dua kali sehari. Ada persiapan khusus yang disebut sebagai Raja Pravartani vati, yang mengandung lidah buaya dan asafetida sebagai bahan utamanya. Obat ini diminum dalam bentuk pil - dua di antaranya dua kali sehari seminggu sebelum menstruasi.

Home remedies untuk Menstruasi

1. Goreng asafetida dalam ghee dan tambahkan satu sendok teh ke buttermilk. Dapatkan ini sekali sehari dalam kasus dismenore.

2. Campurkan beberapa biji wijen dalam satu gelas penuh air. Minumlah ini dua kali sehari ketika Anda mengalami nyeri haid.

3. Memiliki salad dengan bit rebus di dalamnya, atau memiliki jus bit.

Latihan berikut membantu mengurangi rasa sakit menstruasi:

A. Ambil kursi yang kokoh dan berdiri di belakang sambil memegang tangan Anda dengan kuat di punggung kursi. Angkat satu tumit lalu yang lainnya. Lanjutkan ini selama sekitar sepuluh menit. Anda juga bisa melakukan tekukan lutut.

B. Berbaring telentang di ranjang yang kokoh. Lipat kaki Anda dan bawa lutut ke dagu Anda. Ulangi ini sepuluh kali.

Demikian penyembuhan secara alternatif serta bahan rumahan yang mampu mengatasi menstruasi yang dialami oleh kaum hawa. Semoga bisa menambah pengetahuan dan jangan lupa bagikan artikel artikel ini jika menurut anda bermanfaat.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment

0 Response to "Selain Alternatif, Metode Pengobatan Rumahan ini Mampu Untuk Atasi Menstruasi"

Posting Komentar