6 Tips Merawat Kulkas Agar tidak Cepat Rusak dan Hemat Listrik

Cara Merawat Kulkas awet tak mudah rusak
JEMBER, beritadi.com – Semua perangkat elektronik, termasuk kulkas, memiliki masa pakai dan pada akhirnya lemari es atau kulkas akan rusak seiring berjalannya waktu, namun perawatan rutin pada kulkas Anda akan membantu memperpanjang umurnya.

Saat ini kulkas merupakan produk elektronik yang sangat penting. Kulkas memiliki fungsi penting untuk menyimpan dan mengawetkan makanan dan minuman.

Artikel ini akan memberi Anda informasi berguna tentang masa depan kulkas Anda. Jadi jangan sampai ketinggalan dan simak baik-baik ya.

Merawat Kulkas supaya Awet

Selain menggunakan merk kulkas terpercaya, sebaiknya Anda juga memperhatikan tips perawatan kulkas berikut ini agar kulkas Anda bisa bertahan lebih lama. Sebab jika tidak dirawat dengan baik maka kulkas akan cepat rusak.

Semakin besar kapasitas kulkas, semakin rendah suhu kulkas untuk mendinginkan isinya. Oleh karena itu, ingatlah selalu untuk menyesuaikan jumlah makanan dan minuman sesuai dengan kapasitas kulkas.

Cara Agar Kulkas Awet tidak mudah Rusak dan Hemat Listrik

Anda bisa mengaplikasikannya sendiri di rumah tanpa perlu teknisi datang ke rumah Anda, karena langkahnya sederhana dan praktis. apa itu? Yuk simak uraiannya dibawah ini:

Usahakan pintu kulkas tertutup rapat
Suhu kulkas harus selalu lebih rendah dari suhu ruangan. Nah, pintu kulkas sebaiknya selalu tertutup untuk menghindari kebocoran udara. Melakukan hal ini secara rutin memberikan efek yang sangat positif terhadap efektivitas penerapan saat ini.

Jangan menaruh makanan atau minuman panas dalam kulkas
Hal ini sebaiknya dihindari karena dapat merusak kulkas secara langsung. Logikanya, suhu kulkas yang dingin berbanding terbalik dengan suhu makanan hangat. Selain itu, wadah makanan berbahan kaca mudah pecah dan cepat rusak. Solusinya adalah menunggu hingga makanan atau minuman mendingin sebelum disimpan di kulkas.

Jangan membuka kulkas saat listrik mati
Tips berikutnya yaitu jangan sering-sering membuka lemari es setelah listrik padam. Setelah listrik kembali menyala, coba tunggu 5 menit sebelum membuka kulkas.

Isi kulkas sesuai kapasitas
Mngisi kulkas sesuai dengan kapasitasnya, jangan terlalu penuh karena beban AC pada kulkas akan jauh lebih tinggi sehingga akan memakan banyak listrik. Serta jangan memasukkan atau mencampur bahan makanan dan minuman yang berbeda.

Membersihkan Kulkas Secara Teratur
Usahakan kulkas tetap bersih karena bersentuhan langsung dengan makanan dan minuman. Bersihkan lemari es dengan kain lembab dan hilangkan embun beku dari freezer. Lepaskan rak lemari es dan bersihkan dengan air yang dicampur deterjen. Setelah kering, Anda bisa memasang kembali rangka kulkas.

Membersihkan Kondensor Kulkas
Satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah membersihkan kondensor kulkas. Jangan lupa membersihkan kondensor belakang kulkas. Kapasitor yang dibiarkan terlalu lama akan tertutup debu dan kinerja motor tidak maksimal.

Kini Anda bisa mempraktikkan tips merawat kulkas ini di rumah. Jika Anda mengikuti tips ini secara rutin, kami jamin Anda akan memperpanjang umur lemari es Anda serta listrik lebih hemat.

Dengan perawatan yang tepat, Anda dapat menghindari perbaikan yang mahal, mencegah kerusakan yang lebih serius, dan memperpanjang umur lemari es Anda.

Jika kulkas rusak atau bermasalah, Anda dapat menghubungi kami sebagai teknisi spesialis pendingin ya. Teknisi kami menyediakan jasa elektronik yang menyuplai AC, Kulkas, Mesin Cuci, Dispenser Air dan produk elektronik lainnya di Kabupaten Jember Jawa Timur.

Disini juga menerima permintaan pemasangan, servis atau perbaikan, pemeliharaan peralatan elektronik dan menyelesaikan segala permasalahan yang berkaitan dengan peralatan elektronik.

Cukup hubungi melalui telepon atau whatsapp 0823-3545-4249 dan kami segera datang ke rumah Anda untuk segera menyelesaikan masalah Anda.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment