3 Cara Mengatasi Masalah Tombol Remote STB TV Digital Rusak

Cara remote STB TV digital rusak (istimewa)
JEMBER, beritadi.com – Apabila remote control tidak berfungsi Anda akan mengalami kesulitan untuk mengoperasikan channel siaran. Untuk mengatasi remote Set-Top Box TV digital tidak berfungsi ini bisa dilakukan dengan berbagai metode.

Remote set top box (STB) adalah sebuah alat elektronik yang digunakan untuk mengoperasikan siaran dari jarak tertentu. STB yang dikendalikan kemudian akan merespon sesuai dengan instruksi yang diberikan, misalkan pindah siaran channel TV.

Meskipun bukan masalah yang terlalu membahayakan, hal ini tentu bisa membuat Anda kebingungan.

Namun jangan panik karena masalah ini mudah diatasi. Jika Anda ingin tahu cara mengatasi masalah remote control set-top box TV digital yang tidak merespons. Simak penjelasannya di bawah ini!

Alasan Remote STB Rusak

Remote control dapat rusak karena beberapa alasan. Salah satu alasan utamanya adalah efek fisik dari remote control.

Misalnya, remote control mungkin terbentur, terjatuh, atau tertindih saat tidur. Selain itu, remote control dapat rusak jika terjatuh ke dalam air.

Benturan fisik pada remote control dapat menyebabkan keretakan pada solder internal atau sirkuit PCB. Akibatnya remote control tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari dampak fisik pada remote control parabola untuk menghindari kerusakan yang tidak perlu.

Solusi Atasi Remote STB Rusak

Untuk memastikan apakah ada masalah dengan remote STB, coba tekan salah satu tombol dan lihat apakah berfungsi dengan baik. Jika tidak, berarti remote controlnya rusak atau mungkin ada yang salah.

Solusi umum untuk mengatasi masalah ini yaitu mengganti baterai, mencoba menghidupkan atau mematikan TV menggunakan tombol daya, atau menekan remote control untuk memulihkan fungsinya.

Berikut solusi untuk mengatasi Remote rusak

1. Periksa Baterai Remote

Langkah selanjutnya adalah memastikan baterai remote control terisi penuh atau ganti dengan yang baru.

Terkadang hal ini terlupakan dan kita mencari solusi lain yang mungkin tidak berhasil. Selain itu, pastikan untuk memeriksa apakah baterai telah dimasukkan dengan benar

2. Coba Tekan Tombol Lainnya

Kemungkinan kerusakan pada remote control sebagian tombolnya berfungsi, seperti tombol power, tombol volume, dan tombol saluran favorit.

Jika ini terjadi, buka dan membersihkan bagian dalam remote (mungkin kotor) supaya berfungsi kembali dengan baik.

3. Periksa Sinyal Inframerah

Remote ini bekerja menggunakan sinyal indikator inframerah, jadi pastikan tidak ada yang menghalangi sinyal inframerah dan lampunya tetap menyala.

Anda dapat memeriksa ketersediaan cahaya inframerah dengan mengambil foto menggunakan perangkat seluler (HP) Anda.

Jika Anda mengalami masalah dengan sinar infra merah, segera perbaiki masalah tersebut agar remote control berfungsi kembali dengan baik.

Namun, jika Anda telah menyelesaikan semua langkah di atas dan remote control universal Anda masih tidak berfungsi, sensor penerimaan sinyal remote control di TV atau receiver Anda mungkin rusak.

Kerusakan ini dapat terjadi jika tombol ditekan terus menerus sehingga menyebabkan remote control terkunci secara otomatis.

Solusi mudah atasi remot STB

Solusi paling mudah dilakukan yaitu menggunakan HP android. Cara ini ampuh karena langsung bisa mengontrol Set-Top Box TV Digital tanpa remote.

Anda cukup instal aplikasi MeeCast TV lewat playstore, ini bisa menjadi solusi jika remote Set-Top Box TV digital rusak ataupun hilang.

Apabila sudah install aplikasi MeeCast TV tadi, buka aplikasinya kemudian otomatis akan terhubung pada STB.

Sama halnya kalian menggunakan remote Set-Top Box TV digital aslinya karena semua menu ada disini.

Setelah itu bisa dicoba mengganti channel di TV digital dengan remote Handphone yang sudah diinstall tadi.

Untuk suara juga jangan lupa dicek apakah remote HP tersebut benar-benar berfungsi atau tidak sebagai pengganti remote Set-Top Box TV Digital.

Bagaimana? Sekarang Anda sudah bisa dengan mudah mengatasi masalah tombol remote yang tidak berfungsi atau rusak, tips ini juga bisa diterapkan untuk semua jenis peralatan elektronik yang menggunakan remot. Semoga bermanfaat ya.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment