3 Cara Pasang (Paralel) TV Digital Satu Antena Bisa Dipakai Untuk 2 TV

Antena TV Digital untuk 2 televisi
JEMBER, beritadi.com – Karena TV analog sudah dimatikan yang mengharuskan masyarakat beralih ke siaran TV digital. Terkait hal tersebut menurut laman resmi Kominfo, siaran televisi digital memberikan kualitas gambar lebih bersih dan suara yang jernih.

Paralel antena TV digital

Cara pasang dan setting televisi digital pun bisa dilakukan dengan mudah. Tak hanya itu, Anda juga bisa instalasi satu Antena UHF supaya bisa digunakan untuk dua televisi atau Set-Top Box TV Digital.

Namun, sebelum mengetahui caranya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu perangkat apa saja yang dibutuhkan supaya siaran TV digital bisa stabil dan normal.

Perlu diketahui, supaya dapat menikmati siaran Televisi Digital tentu masih membutuhkan Set-Top Box. Namun jika menggunakan TV model terbaru yang sudah support digital, maka tinggal menambahkan antena outdoor supaya kualitas sinyalnya bisa maksimal,

Ada 3 cara pasang satu antena dua TV

Baik, metode ini berbeda dengan TV kabel yang bisa digunakan dengan cara menyambung kabel. Kenapa? karena tanpa tambahan alat dia sudah bisa dapat siaran channel, karena itu masih sistem analog.

Untuk sistem siaran digital supaya bisa untuk dua televisi itu masih membutuhkan peralatan tambahan. Selain menggunakan antena outdoor, ada tiga cara supaya bisa stabil berdasarkan perangkat yang digunakan, di antaranya:

1. Supaya siaran digital bisa stabil menggunakan lebih dari satu televisi, bisa menambahkan splinter pengatur sinyal atau catv. Sekarang, ada banyak pengguna yang sedang mencari splinter karena alat ini sangat berguna untuk memperkuat sinyal, bahkan bisa untuk pengguna yang lebih dari satu televisi.

2. Berikutnya supaya siaran digital stabil menggunakan lebih dari satu televisi, yaitu menambahkan driven UHF. Mungkin sebagian jarang menggunakan satu antena dua driven, namun tidak ada salahnya untuk mencoba tips yang satu ini. Karena juga bisa digunakan lebih dari satu televisi dan sinyalnya stabil.

3. Selanjutnya yaitu menggunakan booster antena 1 set dengan yang atas dan bawah. Booster antena merupakan sebuah perangkat yang dapat meningkatkan atau peka terhadap sinyal antena TV digital sehingga memperkuat kualitas siaran. Jangan lupa menambahkan kabel jalur output dari booster untuk di sambungkan ke televisi yang satunya.

Setting siaran TV digital

Agar dapat menerima siaran berstandar Digital Video Broadcasting Terrestrial Second Generation, Anda harus menggunakan TV yang dilengkapi dengan DVB-T2. Namun apabila televisi nya belum support siaran digital bisa menggunakan Set-Top Box.

Hal yang perlu diperhatikan, sebelum instalasi atau setting Pastikan di daerah Anda sudah terdapat siaran TV digital.

Kemudian pasang antena UHF biasa, alangkah baiknya menggunakan antena luar (outdoor). Adapun posisi antena seperti ketinggian atau arahnya perlu disesuaikan dengan lokasi pemancar multipleksing masing-masing daerah berbeda ya.

Setting untuk pengguna TV digital
Lakukan pengecekan dan pastikan kabel dari output antena ke TV digital sudah tersambung dengan baik.

Untuk perangkat TV digital, pilih menu pengaturan untuk mencari sinyal. Disana akan ada pilihan DTV untuk siaran digital di samping ATV untuk siaran analog, tinggal pilih DTV saja.

Langkah terakhir, pilih auto scan untuk memindai program siaran TV digital. Tunggu sampai proses 100% hingga selesai.

Setting untuk pengguna STB
Pastikan kabel dari output antena ke alat Set-Top Box bagian belakang sudah tersambung dengan baik.

Sambungkan input Set-Top Box ke TV menggunakan kabel warna putih merah kuning (rca) atau HDMI untuk TV LED type lama belum support digital.

Pilih source atau input TV dalam keadaan AV atau HDMI bisa di sesuaikan input masing-masing.

Nyalakan set-top-box, kemudian akan diminta memasukkan kode pos. Silahkan masukkan kode sesuai lokasi supaya bisa menerima sinyal peringatan dini kebencanaan.

Langkah terakhir, yaitu arahkan ke "pencarian saluran secara otomatis".

Bagaimana? sangat mudah sekali ya cara pasang dan seting TV digital supaya bisa digunakan lebih dari satu televisi atau di paralel. Apabila membutuhkan teknisi instalasi pemasangan untuk beralih ke siaran TV digital bebas tanpa biaya bulanan, silahkan hubungi 082335454249 ya.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment