Unik, Seorang Reparasi Elektronik di Jember Ciptakan Mobil Listrik

Sasmito, membuat kendaraan hemat biaya, juga cinta lingkungan
JEMBER, Beritadi.com – Sasmito, seorang warga Dusun Keraton, Desa Wonoasri, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember, Jawa Timur ini berhasil membuat kendaraan listrik berbentuk mobil mini menggunakan tenaga baterai lithium.

Uniknya lagi, mobil listrik mini ini bodinya terbuat dari plat dan rodanya menggunakan roda motor.

Seperti melansir kradio, pria yang berprofesi sebagai tukang reparasi barang elektronik ini mempunyai ide membuat mobil listrik sejak 4 tahun lalu.

Ide tersebut berawal dari menonton youtube dan bertukar informasi lewat grup komunitasnya yang juga gemar membahas kendaraan listrik.

Diketahui, mobil listrik mini yang berukuran panjang 2 meter dan lebar 1 meter ini bermesin motor dengan menggunakan tenaga utama baterai lithium dengan daya 40 ampereampere,hingga bisa melaju hingga 40 km per jam.

Pembuatan mobil tersebut, Sasmito mengeluarkan biaya sekitar 15 juta rupiah. Ia juga menjelaskan bahwa, setiap tiga tahun sekali usia baterai dari mobil listrik tersebut harus diganti, dengan kisaran harga Rp 3,5 juta saja.

Menurut perhitungan Sasmito, mobil ciptaanya bukan cuma bebas emisi, namun dari segi ekonomis juga lebih hemat.

"Jika motor konvensional menghabiskan biaya Bahan Bakar Minyak (BBM) 1 liter untuk jarak 40 hingga 50 km, namun mobil listrik ini dalam 1 kWh mampu menempuh jarak yang sama," katanya.

Ia juga menambahkan bahwa, harga 1 kWh hanya sekitar Rp 500 hingga Rp 1.600 saja, dibandingkan harga bensin 1 liter yang lebih mahal berkali lipat.

"Misalkan kita menghabiskan biaya BBM Rp 10.000 per hari, maka dalam satu tahun perlu anggaran sekitar Rp 3,5 juta. Jika dibandingkan dengan harga satu baterai lithium yang bisa dipakai motor listrik selama 3 tahun," pungkas Sasmito.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment