Lestarikan Lingkungan, Relawan Tebar Puluhan Ribu Bibit Ikan di Sungai Balung

Pelepasan ribuan ikan oleh komunitas di Jember
JEMBER, Beritadi.com – Karena populasinya yang terancam punah, puluhan ribu bibit jenis ikan air tawar disebar ke tiga titik sungai yang ada di wilayah Kecamatan Balung, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Kegiatan ini dilakukan oleh anggota grup Facebook Berita Balung dan Komunitas Balung Fishing dengan melibatkan Muspika Balung, Selasa (14/01/2020).

Relawan Brita Balung, Masdar menerangkan bahwa, sebanyak 36.000 bibit ikan yang dilepas, terdiri dari ikan Tombro, Nila, dan Tawes.

"Penebaran bibit ikan ini dilakukan oleh 60 relawan di beberapa titik diantaranya DAM STM Balung, Sungai belakang terminal Balung, dan Sungai Bedadung Balung," jelasnya.

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan serta menjaga popularitas ikan tawar.

"Kegiatan ini dilatarbelakangi karena kondisi ekosistem biotik disungai yang kian menurun. Hal itu disebabkan oleh perilaku masyarakat saat menangkap ikan dengan cara yang salah, seperti dengan menggunakan setrum bahkan adapula yang memakai racun," katanya.

"Apabila dibiarkan berlarut-larut maka ekosistem di sungai bisa semakin rusak," imbuhnya, dilansir kradio.

"Oleh karena itu, kami bersama komunitas Balung Fishing terpanggil untuk merawat kelestarian ekosistem biotik disungai, khususnya yang ada dikecamatan Balung," tandasnya.

Diketahui sebelumnya, puluhan ribu bibit ikan yang ditebar tersebut berasal dari komunitas Balung Fishing.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment