Liburan Maulid Nabi, Jalur Kereta Api di Jember Kehabisan Tiket

Suasana di stasiun KA di Jember di hari Maulid Nabi S.A.W
JEMBER, Beritadi.com – Libur di hari Maulid Nabi S.A.W, jalur kereta api (KA) wilayah Jember, Jawa Timur, untuk keberangkatan Sabtu ini hingga Minggu (10/11) terjual habis.

Ada delapan KA yang beroperasi di wilayah Daop 9 Jember, yakni KA Mutiara Timur siang dengan rute Banyuwangi-Surabaya, KA Mutiara Timur malam dengan rute Banyuwangi-Surabaya, KA Sri tanjung rute Banyuwangi-Lempuyangan, KA Probowangi rute Banyuwangi-Surabaya, dan KA Tawang alun rute Banyuwangi-Malang.

Manajer Humas PT KAI Daop 9 Mahendro Trang B mengatakan bahwa rute penumpang kereta api sudah terlihat mengalami kenaikan menjelang libur Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Karena hari Maulid Nabi bertepatan dengan akhir pekan pada hari Sabtu, sehingga banyak warga yang memanfaatkan untuk bepergian mengunjungi sanak saudara atau teman," ucapnya.

"Tiket kereta yang terjual habis untuk keberangkatan Sabtu ini hingga Minggu (10/11) yaitu KA Logawa, KA Sritanjung, KA Tawangalun, KA Probowangi," katanya.

Selain itu, lanjut dia, tiket kereta lokal KA Pandanwangi rute Jember-Banyuwangi (PP) biasanya juga habis saat weekend karena sebagian penumpang membeli langsung atau go show di loket stasiun.

"Tiket KA Pandanwangi dari Stasiun Jember ke Banyuwangi pada pukul 5.15 WIB sudah terjual habis, termasuk untuk tiket berdiri," tuturnya.

Kereta lokal dari Stasiun Jember menuju Stasiun Banyuwangi atau sebaliknya beroperasi sebanyak 2 kali perjalanan yakni pukul 05.15 WIB dan 15.30 WIB berangkat dari Stasiun Jember, sedangkan yang berangkat dari Stasiun Banyuwangi baru pukul 10.00 WIB dan 20.30 WIB.

"Masyarakat diimbau untuk membeli tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan karena sesuai prosedur, layanan tiket kereta dibuka 90 hari sebelum keberangkatan, sehingga tidak kehabisan tiket saat bepergiaan pada libur panjang," katanya.

Sementara salah seorang penumpang KA Tawangalun, Anita mengaku pulang ke kampung halamannya di Malang karena libur Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Kebetulan hari ini keluarga besar saya ada acara di Malang, sehingga saya bersama suami dan anak-anak naik KA Tawangalun ke Malang," katanya.

Ia mengaku sudah pesan tiket jauh-jauh hari untuk keberangkatan KA Tawangalun pada Sabtu ini, sehingga tidak kehabisan tiket kereta.

Delapan KA yang beroperasi di wilayah Daop 9 Jember yakni KA Mutiara Timur siang dengan rute Banyuwangi-Surabaya, KA Mutiara Timur malam dengan rute Banyuwangi-Surabaya, KA Sri tanjung rute Banyuwangi-Lempuyangan, KA Probowangi rute Banyuwangi-Surabaya, dan KA Tawang alun rute Banyuwangi-Malang.

Selanjutnya KA Logawa rute Jember-Purwokerto, KA Ranggajati rute Jember-Cirebon, dan KA Wijayakusuma rute Banyuwangi-Cilacap, sedangkan untuk KA lokal tercatat ada empat kali perjalanan yakni KA lokal Pandan wangi rute Jember-Banyuwangi PP.

Sumber: Antaranews.com

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment