Kipas Angin Berputar Lambat Padahal Sudah Diganti Kapasitor, Kenapa?

Kipas angin rusak (istimewa)
JEMBER, beritadi.com – Salah satu masalah yang sering terjadi pada kipas angin adalah putarannya yang lambat, bahkan setelah mengganti kapasitor baru, hembusannya masih lemah. Mungkin Anda penasaran mengapa belum menemukan solusinya, mari kita simak sampai selesai.

Kipas angin merupakan salah satu perangkat elektronik yang sering dimanfaatkan sebagai alternatif pendingin ruangan bagi buat yang belum menggunakan AC.

Selain itu, kipas angin juga dapat menghasilkan udara yang bersuhu rendah dan menciptakan suasana yang sejuk di dalam ruangan, terutama ketika suhu udara menjadi sangat panas.

Saat cuaca sangat panas sepanjang hari, kita akan sering menggunakan kipas angin. Namun, jika kita menggunakan kipas angin terlalu sering, itu bisa menyebabkan masalah dan merusak kipas angin.

Ada banyak masalah yang bisa membuat kipas angin tidak berfungsi dengan baik.

Mungkin Anda pernah mengalami situasi di mana kipas angin berputar dengan kecepatan yang rendah, sehingga tidak memberikan efek pendinginan yang diharapkan.

Berikut ini salah satu faktor yang mungkin menjadi penyebab kipas angin berputar dengan kecepatan yang lambat yang Anda alami.

Setiap jenis kerusakan kipas angin sebenarnya mempunyai berbagai macam faktor penyebabnya, mulai dari mati total, kipas macet, berputar dengan pelan dan lain-lain.

Mengatasi Kipas Angin Berputar Pelan

Biasanya, jika kipas angin berputar lambat itu tinggal mengganti kapasitor baru sudah ada selesai dan normal kembali.

Namun jika sudah mengganti kapasitor masih belum ada perubahan itu berarti ada kerusakan lainnya.

Disini Anda harus melakukan pengecekan dengan cara melepas kedua kabel yang terhubung ke jalur kapasitor. Untuk pengguna multimeter digital, arahkan kepala selektor pada tanda atau simbol omh (lambang: Ω)

Untuk mengetahui kabel tersebut normal yaitu cek dengan melakukan pengukuran dengan cara menghubungkan probe terhadap kabel yang ke jalur kapasitor yang sudah terlepas itu.

Jika memang kabel normal, maka nilai akan muncul pada layer LCD multimeter.

Apabila nilainya tidak muncul itu berarti kabel jalur kapasitor bermasalah atau putus. Solusinya adalah dengan mencari jalur yang putus kemudian disambung supaya normal kembali.

Disini sebagai jasa teknisi siap melayani home service elektronik untuk wilayah Kabupaten Jember, dan sekitarnya.

Silahkan konfirmasi jenis kerusakannya terlebih dahulu kepada customer service kami 0823-3545-4249.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment