3 Manfaat Beralih ke Siaran TV Digital, Salah Satunya Gratis Nonton Olahraga

Manfaat menggunakan siaran TV digital (istimewa)
JEMBER, beritadi.com – Reputasi TV digital di tanah air semakin meroket sejak pengumuman migrasi siaran digital gencar dilakukan oleh pemerintah pada tahun 2021 yang lalu.

Hal ini disebabkan oleh penghentian Siaran TV Analog (ASO) yang telah dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (kominfo).

Berdasarkan Pasal 72 Undang-Undang Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2020, terdapat penambahan standar baru pada peraturan penyiaran. Artinya, penyiaran akan dilaksanakan dengan memperhatikan perkembangan teknologi, termasuk peralihan dari teknologi analog ke digital.

3 keuntungan migrasi ke TV digital

Dengan menggunakan siaran TV digital ternyata, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat serta keuntungan, seperti berikut ini:

1. Gambar lebih stabil dan suara jernih

Kualitas gambar dan suara TV Digital tentu berbeda dan jauh lebih baik dibandingkan siaran analog. Hal ini dikarenakan pancaran atau kualitas sinyal digital lebih stabil dan canggih.

Ini terbukti bahwa siaran TV digital menghasilkan resolusi gambar dijamin jernih tanpa bintik serta suara yang lebih bagus.

Selama recevier (stb) masih normal, lokasi rumahnya juga mendukung, maka siaran TV digital bisa dinikmati dengan mudah.

2. Channel lebih lengkap

Setelah beralih ke siaran TV digital, Anda akan lebih banyak pilihan saluran channel yang bisa dinikmati. Termasuk siaran lokal lengkap seperti MNC group, Emtek group, viva group, Trans group TVRI Nasional dan siaran lokal lainnya.

Harap dicatat bahwa siaran televisi digital mungkin berbeda di setiap lokasi. Ada banyak kondisi yang dapat menyebabkan hal ini. Salah satunya adalah jarak yang jauh ke pemancar sinyal TV digital, yang mempengaruhi penerimaan radio frekuensi.

Jika pengguna berada jauh dari stasiun siaran, sinyal yang diterima mungkin lemah sehingga hanya sedikit saluran TV digital yang dapat diakses. Selain itu, wilayah Anda mungkin berada di luar jangkauan TV digital dan Anda mungkin hanya dapat menerima beberapa saluran meskipun menggunakan STB.

Solusi untuk mendapatkan sinyal yang lebih bagus adakah dengan menggunakan antena outdoor standart ketinggian sekitar 7 meter. Ada berbagai type antena outdoor yang bisa digunakan sesuai kebutuhan lokasi masing-masing mulai dari harga dibawah seratus ribu hingga diatas seratus ribu.

3. TV Digital Bukan TV Berlangganan

Siaran TV Digital memberikan hiburan berkualitas pilihan yang bisa dinikmati secara gratis. Termasuk siaran olahraga, mulai dari sepak bola, bola basket, MotoGP, voli, tenis, hingga balap mobil.

Hal ini sangat rekomendasi buat pecinta olahraga karena siarannya olah raga tanpa diacak.

Meski sama-sama menggunakan teknologi digital, namun penyiaran televisi digital bukanlah siaran televisi melalui internet atau streaming. Seperti yang Anda ketahui, memerlukan layanan data Internet untuk mengakses informasi dan hiburan melalui tayangan streaming.

Untuk bisa menikmati siaran TV digital, disini yang Anda butuhkan hanyalah antena frekuensi ultra tinggi (UHF) serta televisi yang mampu menerima siaran TV analog atau TV tabung.

Dalam penyiaran digital, 5 sampai 13 stasiun televisi berbagi frekuensi yang sama dengan menggunakan sistem penyiaran multipleks. Lembaga penyiaran tidak perlu lagi berinvestasi dalam membangun infrastruktur penyiaran. Karena ini dilakukan oleh pihak penyelenggara multiplexing. Penyiar dapat fokus pada proses produksi konten siaran melalui penyewaan multisaluran.

Pengelolaan infrastruktur yang efisien dan beragam manfaat penyiaran digital harus dibarengi dengan kebijakan yang memungkinkan industri penyiaran dapat tumbuh dan berkembang di seluruh Indonesia. Dengan begitu, masyarakat Sabang hingga Merauke bisa menikmati informasi dan hiburan berkualitas melalui siaran televisi gratis.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment