Bulog Siap Serap Gabah dan Beras Petani di Jember

Gambar istimewa (beritadi.com)
JEMBER, Beritadi.com – Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Subdivre Jember, sudah mulai melakukan penyerapan gabah dan beras medium milik petani untuk tahun 2021. Petugas Bulog akan melakukan pemantauan terhadap sejumlah lokasi panen raya di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Selain beras, Bulog juga melakukan pembelian gabah ditingkat petani sesuai dengan harga pokok pembelian pemerintah (HPP).

Seperti melansir republika, melalui Kepala Cabang Bulog Subdivre Jember, Budi Sutika menjelaskan bahwa pihaknya mulai melakukan pembelian gabah dan beras petani Jember.

"Mulai melakukan pembelian, namun saat ini panennya masih belum merata," jelasnya, Rabu (10/3/2021).

Untuk target serapan gabah dan beras sepanjang 2021 ini ditetapkan sebanyak 38 ribu ton.

Budi Sutika, menambahkan bahwa target tersebut meningkat jika dibandingkan tahun 2020 yang hanya mencapai 35 ribu ton setara beras.

"Kami siap mengoptimalkan penyerapan gabah dan beras agar mendapatkan stok sesuai yang dibutuhkan untuk kegiatan penjualan ataupun penyaluran lainnya," pungkas Budi.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 24 Tahun 2020 menyebutkan HPP gabah kering panen (GKP) di tingkat petani sebesar Rp4.200 per kilogram, GKP tingkat penggilingan Rp4.250 per kilogram, gabah kering giling (GKG) tingkat penggilingan Rp5.250 per kilogram, GKG di Gudang Bulog Rp5.300 per kilogram, dan beras di Gudang Bulog sebesar Rp8.300 per kilogram.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment

0 Response to "Bulog Siap Serap Gabah dan Beras Petani di Jember"

Posting Komentar