Dampak Wabah Covid-19, Penjualan Oleh-oleh di Jember Menurun Drastis

Gambar foto, dok. Kradiojember (istimewa)
JEMBER, Beritadi.com – Melemahnya sektor pariwisata akibat pandemi Covid-19 rupanya berdampak pada sektor pendukung pariwisata seperti pusat oleh-oleh di Kota Jember, Jawa Timur.

Melansir kradiojember, melalui pemilik pusat oleh-oleh Primadona Jember, Devi menuturkan bahwa, beberapa cabang tokonya mengalami penurunan omzet lebih dalam lagi, yaitu 80 hingga 90 persen.

Menurutnya, saat mendekati lebaran biasanya banyak masyarakat luar kota yang datang memborong panganan khas Jember. Namun sekarang, pembelinya kebanyakan berasal dari masyarakat lokal.

Ia juga menambahkan, usahanya sulit untuk bertahan jika kondisi ini terus berlangsung hingga 6 bulan, apalagi hingga sampai akhir tahun. Untuk mensiasati agar tidak sampai merumahkan pegawainya, pihaknya memberlakukan sistem shift.

Hal yang sama juga dialami oleh pemilik toko oleh-oleh Jember, Sari Jalan Trunojoyo yang bernama Rena. Ia juga menuturkan bahwa, wabah ini sangat berpengaruh pada usahanya, bahkan penjualan oleh-oleh di tokonya turun drastis.

Rena mengatakan, adanya wabah ini sangat berpengaruh pada usahanya. Terlebih ketika sektor pariwisata ditutup, Bahkan beberapa kali ia pulang tanpa menjual satu dagangan pun.

Ia berharap pandemi virus corona ini segera berakhir dan keadaan bisa segera kembali normal kembali.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment