Sudah Sampai Indonesia, Kenali Ciri-ciri dan Gejala Virus Corona

Kenali Ciri-ciri dan gejala Corona
JAKARTA, Beritadi.com – Virus corona baru atau Covid-19 sudah masuk ke Indonesia. Hal tersebut terbukti setelah dua orang warga negara Indonesia (WNI) dipastikan positif terjangkit virus corona.

Temuan ini diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah mendapatkan laporan dari Menteri Kesehatan terkait kasus virus corona pertama di Indonesia, Senin (2/3/2020)

Presiden Jokowi mengatakan, dua Warga Negara Indonesia (WNI) itu sempat melakukan kontak dengan Warga Negara (WN) Jepang yang datang ke Indonesia.

Dilansir dekannews, hingga Senin (17/2/2020) korban tewas akibat virus korona mencapai 1.770 Orang di Seluruh Dunia.

Agar bisa lebih waspada terhadap virus corona ini, kita perlu mengetahui ciri-ciri serta gejalanya, di antaranya:

1.Suhu tubuh Tinggi
Suhu tubuh orang normal yaitu 37,5 derajat celcius, namun ciri-ciri orang yang telah terinfeksi virus corona suhu tubuhnya mencapai 38 derajat celcius. Apalagi jika orang tersebut punya riwayat pernah atau pulang dari luar negeri seperti Cina atau negara lain yang tertular corona, maka kita perlu lebih berhati-hati dan waspada.

2.Sakit Kepala
Ciri-ciri orang yang telah terinfeksi virus corona selanjutnya selain demam tinggi, gejala berikutnya yaitu disertai dengan sakit kepala.

3.Sakit Tenggorokan
Gejala virus corona berikutnya ditandai dengan adanya rasa sakit di tenggorokan layaknya batuk kering. Rasa haus dan batuk yang muncul mulai dirasakan penderita.

4.Flu atau Pilek
Gejala yang paling terlihat dan diduga menyebabkan penularan antara manusia adalah flu atau pilek.

5.Mudah Letih dan Lesu
Ketika virus corona berusaha masuk dalam tubuh, maka sistem kekebalan tubuh merespon dengan menyerang virus asing.

Terjadi kerusakan dalam tubuh selama COVID-19, dikenal dengan nama sindrom sepsis yang disebabkan oleh reaksi imun kompleks. Salah satu gejala virus corona, penderita akan mudah letih dan lesu.

Adapun ciri-ciri orang tertular virus corona yang sudah parah:



1.Batuk-batuk Parah
Batuk-batuk yang tak kunjung reda, bahkan mulai kronis harus segera melakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat. Virus corona memiliki gejala utama batuk-batuk kronis, hal ini patut dicurigai terutama apabila anda atau orang sekitar anda baru saja berinteraksi dengan orang-orang yang baru berpergian keluar negeri, di mana merupakan salah satu negara yang terinfeksi virus corona.

2.Sesak Napas
Gejala virus corona ini memang menyerupai gejala pneumonia di mana, paru-paru terinfeksi bakteri, jamur maupun virus dan menyebabkan seseorang mengalami sesak napas pendek.

3.Kesulitan dalam Bernapas
Selain akan mengalami sesak napas, seseorang bahkan akan mengalami kesulitan bernapas. Diketahui virus ini akan menunjukkan gejalanya setelah terpapar dari sumber infeksi atau penularan mulai dari 2 hari sampai 2 minggu sejak berinteraksi.

SUMBER: MERDEKA

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment