Tingkatan Kualitas, BI Jember Kembangkan Batik Lokal Hingga ke Tingkat Nasional

JEMBER, beritadi.com – Di tahun 2019 ini, mulai banyak bermunculan komunitas batik di beberapa daerah di Jember, membuat Kantor Perwakilan Wilayah (KPW) Bank Indonesia Jember berupaya untuk meningkatkan kualitas produknya agar layak ekspor.

Dilansir dari kradiojember.com, dengan title Dorong Potensi Batik Lokal ke Tingkat Nasional

Hal ini disampaikan Kepala KPW BI Jember, Hestu Wibowo Senin (28/10/2019).

Hestu mengatakan, sejak awal tahun 2019 pihaknya melakukan pembinaan kepada salah satu komunitas Batik di Kecamatan Ambulu. Hasilnya saat ini kualitas produknya meningkat dan sudah mampu menembus pasar global atau ekspor.

Menurut Hestu, untuk meningkatkan kualitas produknya pengusaha batik seyogyanya tidak menjual produk dalam bentuk kain. Melainkan dalam bentuk pakaian siap pakai, agar menambah nilai jual.

Hestu menyampaikan, BI bukan hanya membantu produksinya saja, melainkan juga mempertemukan antara pengusaha dengan pasar.

Salah satu caranya dengan mengikutsertakan para pemilik usaha batik pada acara-acara pameran lokal sampai nasional, sehingga hasil produksinya bisa terjual lebih luas.

Ia menambahkan, kualitas yang sudah baik saat ini agar tetap bisa terjaga baik mulai dari bahan hingga model yang dijual.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment