Kecemasan - Jenis, Penyebab, dan Pengobatan

Kecemasan - Jenis, Penyebab, dan Pengobatan – Kita semua merasa cemas pada suatu saat, apakah kita menyebutnya merasa tidak nyaman, gelisah atau tegang. Sangat wajar untuk merasa cemas dan, pada kenyataannya, pada tingkat tertentu itu dapat memiliki efek yang baik seperti mengencangkan kita untuk pertandingan besar atau mempertajam kesadaran untuk wawancara atau ujian.

Tetapi beberapa bentuk kecemasan tidak sehat seperti yang lain. Jika Anda mendapat sedikit latihan sebelum ujian, itu bisa bermanfaat. Namun, jika Anda tidak dapat tidur nyenyak di malam sebelumnya, atau mulai berkeringat deras dan merasa mual saat memasuki ruang ujian, ini adalah serangan kecemasan yang lebih serius dan jika Anda menemukan bahwa ini adalah bagian dari pola yang berkelanjutan, Anda harus mencari bantuan .

Apa itu Kecemasan?

Reaksi kita terhadap stres adalah mekanisme bertahan hidup yang memungkinkan kita untuk bertindak langsung ketika kehidupan kita terancam. Untuk mempersiapkan aksi, detak jantung menguatkan untuk memompa darah ke semua otot, dan tekanan darah meningkat.

Ketika tindakan telah diambil dan bahaya sudah berakhir atau masalah teratasi, tubuh akan rileks dan kembali normal lagi. Tetapi ketika ancaman itu rendah dan berkelanjutan seperti biasa dalam situasi kehidupan modern yang penuh tekanan secara emosional, seringkali tidak ada tindakan langsung yang dapat dilakukan untuk mengatasinya dan tubuh akan menderita akibat ketegangan jangka panjang. Gejala sekunder dapat berkembang; ini dapat termasuk ruam kulit, bintik-bintik, masalah berat badan (di bawah atau kelebihan berat badan). Anehnya, mereka yang menderita kecemasan juga bisa mengalami agresi yang meningkat atau efek sebaliknya, menjadi benar-benar terhambat, ditarik dan bahkan sangat tertekan.

Jenis Kecemasan

Kecemasan mengambil banyak bentuk. Beberapa memiliki penyebab yang jelas, seperti rasa takut anjing pada seseorang yang digigit atau ditakuti oleh seseorang sebagai seorang anak. Bentuk lain tidak begitu jelas dan mungkin termasuk kecemasan tentang hubungan yang dapat membuat Anda impoten secara seksual atau dingin. Kadang-kadang kecemasan itu mengambil bentuk yang tidak spesifik, seperti kepanikan yang tiba-tiba dan tak terjelaskan dalam perjalanan ke kantor atau rasa keputusasaan umum, tentang keadaan dunia (disebut 'kecemasan').

Penyebab Kecemasan

Ada dua teori utama tentang penyebab kecemasan. Yang pertama menyatakan bahwa itu adalah karena gangguan kepribadian yang membuat pertahanan psikologis kita tidak dapat bekerja dengan cara yang seharusnya. Dengan kata lain, alih-alih mengenali gejala kecemasan dan berurusan dengan mereka, penderita mengubah gejala menjadi sebuah pola - pola yang sering merusak diri sendiri.

Teori kedua mengklaim bahwa ada kegagalan dalam beberapa fungsi fisik, terutama dalam sistem saraf. Ini mungkin karena ketidakseimbangan bahan kimia dalam tubuh. Pendukung teori ini percaya bahwa 'malfungsi' ini dapat disembuhkan dengan terapi obat yang efektif dan tidak menyakitkan.

Ketiga, beberapa ahli teori menyatakan bahwa penyebab masalah jauh lebih sederhana daripada salah satu dari fakta-fakta ini, hanyalah hasil dari kehidupan modern: hilangnya nilai-nilai sosial dan etika yang meluas dan tanggapan terhadap kondisi di mana kita tidak lagi merasa kita memiliki kontrol.

Pengobatan Kecemasan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali dan menerima gejala dan mencoba menemukan dan menghadapi penyebabnya. Tapi, jika proses swadaya ini tidak cukup - dan bahkan dengan bantuan keluarga dan teman - yang terbaik bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter mungkin merujuk Anda ke psikoterapis yang akan membantu Anda menemukan dan mengatasi penyebabnya. Perawatan ini dapat dilakukan baik dalam sesi individu atau di perusahaan penderita kecemasan lainnya dalam psikoterapi kelompok.

Banyak dokter menyarankan terapi alternatif, tujuan sebagian besar dari mereka adalah untuk membantu Anda rileks dan mendapatkan kesadaran diri yang lebih besar. Ini mungkin termasuk yoga, latihan pernapasan, biofeedback atau bahkan meditasi.

Ada jutaan klik di Internet Search Drive for Wellness - dari kesehatan mental hingga fisik, kebugaran jantung, kanker, yoga, cara mengatasi penyakit tertentu seperti diabetes, hipertensi, obesitas, stoke, dan tips menurunkan berat badan dan cara tumbuh lebih tinggi , dengan banyak ide lain yang disebut terhormat. Dibutuhkan sedikit riset untuk menemukan satu situs yang memiliki banyak hal untuk ditawarkan di semua bidang ini, apalagi yang dapat menggabungkan semua kebutuhan untuk kesehatan terdalam Anda, contohnya kegembiraan, kebahagiaan, dan masih ada banyak yang lainnya.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment